Jaya Negara Hadiri Piodalan di Pura Khayangan Desa Batu Bintang, Dauh Puri Klod 

Jaya Negara Hadiri Piodalan di Pura Khayangan Desa Batu Bintang, Dauh Puri Klod

 Balinetizen, Denpasar

Warga Banjar Batu Bintang, Dauh Puri Klod menggelar Piodalan/Pujawali Agung, di Pura Khayangan Desa yang diselenggarakan pada Selasa (26/3) atau Anggara Umanis Prangbakat. Tampak sejak siang hari krama Banjar Batu Bintang sudah melakukan persiapan pelaksanaan rentetan upacara ini. Tari Rejang Dewa tampak mengikuti prosesi pelaksanaan upacara Mecaru. Tampak hadir langsung Wakil Walikota Denpasar I GN Jaya Negara, PJ Perbekel Desa Dauh Puri Klod, Luh Sukarmi , Kelian Adat I Dewa Nyoman Gede Astawa serta tampak juga dihadiri tokoh masyarakat desa setempat.

Wakil Walikota Jaya Negara menyambut baik pelaksanaan upacara, terlebih ini dilandasi gotong royong yang luar biasa. Diharapkan dari pelaksanaan upacara ini warga setempat dapat meningkatkan sradha bakthi kehadapan Ida Shang Hyang Widhi Wasa. “Semoga pelaksanaan upacara ini sesuai harapan kita bersama dalam meningkatkan sradha bakthi dan menyama braya warga desa setempat,” ujar Jaya Negara

Sementara Ketua Panitia yang juga merupakan Kelian Adat Banjar Batu Bintang, I Dewa Nyoman Gede Astawa mengatakan pelaksanaan upacara Piodalan Agung di Pura Batu Bintang ini dilakukan setiap 6 bulan sekali. Dari pelaksanaan upacara ini pihaknya bersama warga memiliki tujuan untuk dapat secara bersama-sama meningkatkan rasa menyama braya dan rasapasemetonan hingga memohon kesuburan dan kerahayuan jagat.

Pura Batu Bintang ini merupakan Pura Khayangan Desa yang diempon oleh 11 Banjar “Kita berharap dalam pelaksanaan upacara ini dapat meningkatkan ikatan persaudaraan dan semangat ngayah,” ungkapnya.

Hal senada diungkapkan oleh PJ Perbekel Desa Dauh Puri Klod, Luh Sukarmi bahwa pelaksanaan upacara ini juga memiliki harapan warga desa dapat terus meningkatkan semangat gotong royong mendukung pembangunan di Kota Denpasar. Pihaknya bersama warga Batu Bintang menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkot Denpasar yang turut serta dalam mendukung pelaksanaan upacara ini. Semoga apa yang menjadi harapan bersama dapat tercapai sesuai tujuan dari pelaksanaan upacara ini. (Dev/humasdps)

Baca Juga :
Sempat Diorbitkan Lewat Film Motivasi, Ketut Raka Silaturahmi Dengan Bupati Suwirta

 

BalasBalas ke semuaTeruskan

Leave a Comment

Your email address will not be published.