Wabup Made Kasta Pimpin Aksi Pembersihan Saluran Irigasi

Avatar
ads

Wakil Bupati Klungkung,I Made Kasta memimpin aksi pembersihan saluran irigasi yang tersumbat rimbunan pohon bambu serta kayu besar di Kecamatan Dawan

Balinetizen, Klungkung

Wakil Bupati Klungkung,I Made Kasta memimpin aksi pembersihan saluran irigasi yang tersumbat rimbunan pohon bambu serta kayu besar di Kecamatan Dawan, Minggu (31/3). Saluran irigasi ini merupakan saluran pembuangan menuju laut yang melewati tiga subak yakni Dawan , Pesinggahan dan Kusamba. Bersama puluhan anggota subak, Wabup Made Kasta yang didampingi Kadis Pertanian Klungkung IB Juanida dan Camat Dawan Anak Agung Gede Putra Wedana berupaya memotong dan mengangkat dahan pohon  dengan alat seadanya. Upaya pembersihan pun berjalan lambat mengingat banyaknya kayu besar dan batang bambu yang menutupi saluran air.

Mengatasi hal tersebut Wabup Made Kasta lantas berinisiatif menerjunkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klungkung untuk membantu aksi ini. Selanjutnya 5 orang anggota BPBD yang dipimpin Kalak BPBD Putu Widiada, dengan berbekal mesin potong chainsaw akhirnya mempercepat proses pemotongan kayu kayu besar dan ratusan batang bambu tersebut. Beraksi selama sekitar 30 menit saluran air pun menjadi semakin lancar. “ Aksi pembersihan yang kami lakukan dengan dukungan BPBD Klungkung telah mampu memperlancar saluran air ini, semoga subak Dawan yang berada di sisi utara jalan Baypass Kusamba tidak lagi tergenang dan para petani pun dapat kembali menanami lahannya,” Ujar Wabup Kasta.

Sementara itu Klian Subak Dawan  Wayan Sumerta menyampaikan apresiasinya kepada Wabup Made Kasta bersama BPBD Klungkung yang telah membantu dalam aksi pembersihan saluran irigasi ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, puluhan hektar sawah di Kecamatan Dawan terendam menyusul tersumbatnya saluran irigasi. Akibatnya, para petani tidak bisa melakukan penanaman padi maupun palawija. Hanya pohon kangkung liar yang tumbuh dilahan petani dan ini berimbas kepada penghasilan para petani itu sendiri.

Baca Juga :
PDIP minta Harun Masiku menyerahkan diri

Kelian Subak Dawan, Wayan Sumerta mengatakan tersumbatnya saluran irigasi terjadi sejak dua tahun terakhir. Tersumbatnya aliran irigasi ini berakibat sebanyak delapan hektar sawah di Subak Dawan dan Subak Pesinggahan yang berada disamping aliran irigasi sebelah utara jalan Bay Pass Kusamba ini terendam.HUMASKLK/Jim

Editor : Hana Sutiawati

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may like

Hot Videos
In the news
Load More
ads