R. Fitriyyah, M. Pd : Perlu Dibuat Pedoman Bermedia Sosial

R. Fitriyyah, M. Pd

Balinetizen, Denpasar

Pengaruh generasi millennial memang sangat berdampak besar pada era globalisasi zaman sekarang. Karna pengaruhnya yang besar maka dibutuhkan suatu pedoman atau acuan bagi generasi millennial untuk berglobalisasi yang baik, benar dan tepat. Apalagi dalam menggunakan media sosial (Medsos) yang saat ini cenderung sangat menyimpang dari norma norma ke-Indonesiaaan. Tujuan pedoman ini agar dalam dalam bermedia sosial  mereka tidak menyimpang atau tidak sesuai dengan ajaran budaya Indonesia. Ajaran budaya Indonesia yang dikenal lemah lembut, sopan santun, menjujung tinggi etika, bermoral dan beradab.

Hal itu dikatakan Ketua Umum Generasi Muda Indonesia R. Fitriyyah, M. Pd pada acara Seminar Empat Pilar MPR RI, Senin (1/5) di Aula STIKOM Bali, Renon Denpasar. Acara tersebut juga dihadiri Narasumber  I Gede Pasek Suardika (Anggota DPD RI), Moderator : R. Fitriyyah, M. Pd (Ketua Umum Generasi Muda Indonesia), Tuan rumah Dr. Dadang Hermawan (Ketua Stikom Bali).

Menurut R. Fitriyyah, di Indonesia sendiri generasi millennial sudah mulai tanggap terhadap isu-isu yang berkembang di negara Indonesia. Seperti isu politik, sosial, keagamaan, ekonomi, pendidikan dan kesehatan. Ketanggapan itu tentunya perlu adanya sebuah pedoman, yakni pedoman Pancasila yang hakikatnya adalah dasar negara kita. Pancasila adalah sebuah alat multifungsi untuk generasi millennial dalam berkembang dan belajar dalam menghadapi ketatnya era globalisasi ini.

Lebih lanjut dikatakan, arus globalisasi terbesar bagi millennial yaitu dengan internet dengan pengguna terbanyak kaum muda yang diantaranya masih berusia produktif. Globalisasi sebagai media merupakan ajang pertukaran informasi dari segala aspek diseluruh penjuru dunia, yang artinya globalisasi itu mencakup ranah luas yang bisa dipersempit atau dipermudah dengan adanya internet.

Baca Juga :
Temui Ratusan Nelayan, Presiden Pastikan SKPT Natuna Bermanfaat bagi Nelayan Setempat

”Maka dari itu pedoman Pancasila inilah yang harus dipegang prinsipnya bagi generasi millennial. Agar generasi millennial tidak gampang terpengaruh oleh radikalisme dan tindakan intoleran ditengah derasnya arus informasi yang beredar di media sosial dan internet,” kata R. Fitriyyah.

Sementara itu,  Pasek Suardika pada acara sosialisasi empat pilar ini mengatakan, ”kalian sebagai generasi milenial adalah generasi penerus bangsa. Maka kalian harus tetap maju, Bangkit dan sukses dalam diri Kalian.”

Editor : Sutiawan

Leave a Comment

Your email address will not be published.