Sampah Plastik, Perkilogram Dihargai LH Seribu Rupiah

Avatar
ads

Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Jembrana mulai hari Senin (1/4) melakukan ujicoba pembelian sampah plastik.

Balinetizen, Jembrana

Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Jembrana mulai hari Senin (1/4) melakukan ujicoba pembelian sampah plastik.

“Persatu kilogram sampah plastik saya hargai seribu rupiah. Nanti kita bayar setiap bulan” ujar Kepala Dinas LH Jembrana, Wayan Sudiarta, Senin (1/4).

Menurutnya sampah plastik yang dibeli sementara sampah plastik yang ada di TPA Peh dan dikumpulkan oleh pemulung atau petugas yang sehari-hari bekerja di TPA Peh.

“Informasinya hari ini sudah terkumpul sekitar 11 kaping. Setelah banyak baru kita press. Alatnya sudah ada di TPA Peh” terangnya.

Upaya tersebut lanjutnya untuk merangsang pemilahan sampah plastik. Karena selama ini sampah plastik berupa kresek dan plastik lainnya yang penggunaannya sekali pakai sering dipandang sebelah mata lantaran tidak memiliki nilai ekonomis dibandingkan botol plastik atau kardus.

“Kendati ditanam bertahun-tahun, yang namanya plastik sangat sulit hancur dan terurai. Jadi melalui ujicoba ini mereka mau melakukan pemilahan sehingga tidak menggunung di TPA Peh” ungkap Sudiarta.

Selama ujicoba kata Sudiarta, pihaknya juga membeli sampah plastik dari para sopir truk pengangkut sampah dengan catatan sudah dipilah.

Ditambahkannya jika upaya tersebut mampu mengurangi beban sampah plastik di TPA, program tersebut akan diperluas dengan menerima pembelian dari kelompok TPS3R yang sudah ada di desa maupun kelurahan.

“Kalau berhasil, kita berencana memperjuangkan anggarannya sehingga bisa dilakukan secara permanen” pungkasnya. (Komang Tole)

Baca Juga :
Dampak Cuaca Ekstrem Selama Januari 2020, Bali Didominasi Bencana Hidrometeorologi

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may like

In the news
Load More
ads