Sebanyak 10 Paskibraka Denpasar yang Ikut Seleksi Tingkat Provinsi Ditargetkan Lolos Hingga Nasional

Foto: Peserta Seleksi Paskibraka Kota Denpasar 2019 mengikuti seleksi di Lapangan Lumintang, Denpasar.

Balinetizen, Denpasar

Tahapan seleksi Paskibraka (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka) Kota Denpasar  Tahun 2019 telah berakhir. Panitia telah meloloskan 80 orang nama siswa siswi SMA/SMK se-Kota Denpasar.

Sebanyak 10 orang peraih nilai tertinggi (5 orang putri dan 5 orang putra) akan mengikuti seleksi Paskibraka tingkat Provinsi Bali. Sementara 70 orang lainnya akan bertugas di Kota Denpasar.

Kesepuluh orang ini yakni: 1. I Ketut Bagus Danan Pradana (SMAN 2 Denpasar); 2. Putu Indra Ade Pramana (SMAN 7 Denpasar); 3. Dimas Putra Suhanto (SMAN 7 Denpasar); 4. I Gusti Putu Nanda Arta W (SMA Dwijendra Denpasar);  5. Ida Bagus Gde Santa Prasada (SMAN 7 Denpasar).

Lima orang lainnya yakni 6. Ni Komang Ayu Sari Nadi G (SMAN 2 Denpasar); 7. I Gusti Agung Ayu Dinda  Prameswari S ( SMAN 1 Denpasar ); 8. Luh Putu Naraicanaya Putri Sukarta ( SMAN 8 Denpasar); 9. Asti Viranda ( SMA Dharma Praja); dan 10. Ni Putu Budimastuti (SMAK Harapan).

“Sebelum ikut seleksi di tingkat provinsi, 10 orang Paskibraka terpilih untuk Kota Denpasar ini akan ikuti pra latihan dan pembinaan khusus,”kata Ketua Purna Paskibraka Indonesia Kota Denpasar Made Edi Agustisna saat dihubungi Senin (1/4/2019).

Diharapkan Lolos Hingga Nasional

Seleksi Paskibraka tingkat Provinsi Bali ini akan diikuti 90 orang peserta dari 9 kabupaten/kota di Bali yang seleksinya dipusatkan di Korem 163/Wirasatya, Denpasar.

Seleksi dimulai pada tanggal 24 April 2019 yang meliputi psikotes dan wawancara. Dilanjutkan Samapta (tes fisik) dan cek kesehatan pada 25 April 2019. Terakhir seleksi PBB dan kesenian pada 26 April 2019 yang dilanjutkan dengan sekaligus pengumuman kelulusan.

Dari 90 orang peserta ini hanya akan diloloskan 32 orang (16 orang putri dan 16 orang putra).
Yang tidak lolos ke provinsi akan kembali ke bertugas sebagai Paskibraka kabupaten/kota.

Baca Juga :
Update Penanggulangan Covid-19, Sabtu, 13 Maret 2021

Sebanyak dua orang putra putri (sepasang) yang lolos seleksi  Paskibraka tingkat provinsi akan dikirim untuk seleksi di tingkat nasional. Sementara 30 orang sisanya (15 pasang) tetap bertugas di Provinsi Bali.

Diharapkan Paskibraka terbaik yang terpilih mewakili Kota Denpasar ini bisa lolos di  tingkat Provinsi Bali dan bahkan lolos ke level nasional untuk mengharumkan nama Denpasar dan Bali umumnya.

“Harapan kami pada 10 orang Paskibraka Kota Denpasar yang ikut seleksi di provinsi bisa ikutan pra latihan dengan baik. Agar bisa minimal satu orang lolos dari Denpasar mewakili di nasional,” kata Made Edi Agustisna yang juga caleg Gerindra untuk DPRD Kota Denpasar dapil Denpasar Utara nomor urut 4.

Sebelumnya Seleksi Diikuti 375 Peserta

Sebelumnya pada tahap seleksi administrasi Paskibraka Kota Denpasar 2019 yang digelar Rabu 20 Maret 2019 di Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Denpasar, awalnya ada  375 peserta dari siswa SMA/SMK se-Kota Denpasar (200 orang putra dan 175 orang putri). Mereka berasal dari 36 SMA/SMK se-Kota Denpasar.

Selanjutnya hanya 169 orang peserta yang dinyatakan lolos seleksi administrasi. Lalu mereka langsung ikut Seleksi PBB (Peraturan Baris Berbaris) yang berlangsung Senin 25 Maret 2019 di Lapangan Lumintang, Denpasar.  Lalu mereka akan menjalani seleksi Samapta (fisik/jasmani) pada Selasa 26 Maret 2019 di tempat yang sama.

Setelah seleksi Samapta kemudian dilanjutkan dengan Tes Tulis, Wawancara dan Kesenian yang akan digelar di Gedung Graha Sewaka Dharma pada Kamis 28 Maret 2019.

Dari 169 peserta  ini di tanggal 29 Maret disaring kembali menjadi 90 orang yang menduduki peringatan 1 sampai 90 berdasarkan akumulasi nilai semua tahapan seleksi sebelumnya. Lalu pengumuman kelulusan final digelar Sabtu 30 Maret 2019. (wid)

Baca Juga :
Banyak AD/ART Yang Dilanggar, Kubu Anthon Sihombing Sebut Munaslub GINSI Ilegal

Leave a Comment

Your email address will not be published.