Pengamanan TPS, 1.752 Anggota Linmas Siap Diterjunkan

Ilustrasi-Kota Suara Pemilu

Balinetizen, Jembrana

Sebanyak 1.752 personil Linmas (Perlindungan Masyarakat) siap diterjunkan untuk pengamanan diratusan TPS yang tersebar di Kabupaten Jembrana dalam Pemilu 2019.

Selain Linmas yang memang sudah tercatat di masing-masing desa/kelurahan, Pemkab Jembrana melalui Sat Pol PP juga melakukan perekrutan anggota Linmas baru. Namun mereka hanya bertugas selama tiga bulan.

Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan Masyarakat pada Sat Pol PP Jembrana, I Putu Pranajaya Rabu (3/4) mengatakan sesuai petunjuk teknis untuk pengamanan disetiap TPS diperlukan minimal 2 orang anggota Linmas.

Dari juknis tersebut lanjutnya pihaknya kekurangan 694 anggota Linmas. Pasalnya dari 876 TPS yang tersebar di 51 desa/kelurahan di Jembrana diperlukan sebanyak 1.752 anggota Linmas. Sementara total anggota yang tercatat di desa/kelurahan sebanyak 1.058 orang.

“Kekurangannya yang 694 sudah kami rekrut. Ada dari Mereka nanti diberikan surat keputusan (SK) untuk bertugas selama tiga bulan” terang Pranajaya seijin Kepala Sat Pol PP Jembrana.

Setelah di SK-kan kata Pranjaya, mereka nantinya akan bertugas sesuai tugas Linmas dibawah pimpinan langsung Kepala Desa dan Lurah.

Menurut Pranajaya, jumlah Linmas disetiap desa/kelurahan berbeda-beda. Bahkan ada desa atau kelurahan yang arealnya kecil serta jumlah TPS sedikit namun jumlah Linmasnya banyak. Karena itu nantinya akan ada beberapa petugas Linmas yang ditugaskan di desa/kelurahan lain.

“Problem sekarang masalah seragam. Ini juga terjadi di daerah lain. Kita sepakati untuk seragam pakai pakaian bebas rapi. Tapi nanti akan ada tanda pengenal Linmas dari KPU dan pin” ungkapnya.

Sementara itu, berdasar data dari total 876 TPS di Jembrana, jumlah TPS paling banyak terdapat di Kecamatan Negara dengan 244 TPS disusul Kecamatan Mendoyo 209 TPS, Kecamatan Jembrana 175 TPS, Kecamatan Melaya 159 dan Kecamatan Pekutatan 89 TPS. (Komang Tole)

Baca Juga :
FBI Selidiki Lebih dari 2.000 Kasus Terkait Organisasi Teroris Asing

Leave a Comment

Your email address will not be published.