100 Mitra GO-FOOD Ikuti Pelatihan Pengurangan Sampah Plastik Dalam Bisnis Makanan

Peserta Pelatihan Pengurangan Sampah Plastik Dalam Bisnis Makanan
Balinetizen, Denpasar 
Sejalan dengan komitmen Pemerintah Kota Denpasar dalam memerangi sampah plastik, GOJEK secara berkesinambungan melakukan beberapa langkah konkrit untuk mendukung hal tersebut. Sebagaimana yang dilakukan pada hari ini, GOJEK bersama PlastikDetox menggagas pelatihan “Pengurangan Sampah Plastik dalam Bisnis Makanan” yang diikuti lebih dari 100 Merchant terbaik GO-FOOD di Denpasar.
Melalui pelatihan ini, merchant GO-FOOD mendapatkan pemahaman mengenai cara untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai di bisnis makanan dan minuman mereka. Ini dalam rangka mendukung peraturan Pemerintah Kota Denpasar tentang pengurangan penggunaan kantong plastik. Pelatihan ini diawali dengan menghadirkan pihak pemerintah dan dua pebisnis anggota PlastikDetox yang dinilai telah berhasil mengurangi pemakaian plastik dalam bisnis mereka. Kemudian dilanjutkan dengan workshop yang difasilitasi dengan metode design thinking untuk menemukan ide menarik serta pratikal yang dapat digunakan merchant dalam mendukung pengurangan sampah plastik
Leo Wibisono Arifin – District Head  GOJEK Bali Nusra mengatakan,”Kami sangat antusias dalam mendukung program Pemkot Denpasar dalam memerangi sampah plastik ini. Apa yang kami lakukan hari ini merupakan wujud nyata GOJEK Bali bersama para Merchant Go-Food dalam mendukung Bali yang lebih ramah lingkungan.”
“Kami menyadari bahwa dalam bisnis kuliner penggunaan bahan baku plastik seperti sedotan, kemasan plastik terkadang masih kita jumpai. Oleh karena itu, dengan memberikan pelatihan semacam ini kepada para Merchant, kami berharap mitra-mitra tersebut dapat menjadi garda terdepan dalam program memerangi sampah plastik di Bali, utamanya di kota Denpasar,” jelas Leo.
Dalam rangka memfasilitasi pelatihan ini, PlastikDetox berkesempatan untuk berkolaborasi dengan GOJEK untuk menyampaikan pesan positif pengurangan limbah plastik ke lebih banyak pengusaha makanan dan minuman. Luh De Dwi Jayanthi -Koordinator PlastikDetox menyampaikan, “Sejak tahun 2012, PlastikDetox berdiri untuk mendampingi para pengusaha kecil di Bali untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. Contoh nyata dari anggota PlastikDetox merupakan bukti pelaku usaha dapat mengurangi penggunaan plastik sekali pakai tanpa secara berkesinambungan, tanpa mengganggu bisnis mereka.”
Komitmen yang Berkelanjutan Pelatihan “Pengurangan Sampah Plastik dalam Bisnis Makanan” bagi Merchant GO-FOOD yang dilakukan hari ini merupakan komitmen GOJEK yang berkelanjutan dalam memerangi sampah plastik di kota Denpasar.
Beberapa langkah & inisiatif yang telah dilakukan oleh GOJEK diantara adalah Reduce, yaitu memotivasi para mitra Merchant dalam meningkatkan pemakaian wadah dan peralatan makanan-minuman yang berbahan ramah lingkungan dan daur ulang. Bagi merchant yang giat menggunakan bahan ramah lingkungan, GOJEK memberikan program khusus berupa dukungan kampanye pemasaran gratis melalui aplikasi (in-app banner) sehingga produk makanan merchant dapat lebih dikenal pengguna.  (hidayat)
  • Editor : Sutiawan
Baca Juga :
Desa Dauh Puri Kauh Lakukan Sosialisasi Pergub dan Perwali Protokol Kesehatan

Leave a Comment

Your email address will not be published.