Gunung Agung Erupsi, 4 Kabupaten Diguyur Abu

Avatar
Sebaran abu sampai di wilayah 4 kabupaten, yaitu Karangasem, Bangli, Gianyar dan Tabanan. 
Balinetizen, Karangasem
Erupsi Gunung Agung pada Kamis dini hari, berdampak pada hujan abu. Sebaran abu sampai di wilayah 4 kabupaten, yaitu Karangasem, Bangli, Gianyar dan Tabanan.
Kondisi hujan abu terparah terjadi di Desa Pempatan, Rendang, Karangasem, yang mana ketebalan abu mencapai 1 mm. Kondisi ini membuat warga resah, pasalnya Abu menutupi lahan perkebunan warga. Salah satu warga, i Nyoman Darmi mengungkapkan ,kondisi ini membuat warga was-was lahan jeruknya gagal panen. Tak hanya itu, ia menambahkan erupsi yang terjadi tiba-tiba membuat masyarakat tak sempat menutup sumber-sumber mata air. Sehingga ada beberapa tercampur dengan debu vulkanik.
“Saya berharap, kalau nanti air yang kami tampung kena abu, pemerintah dapat memberikan air bersih,” ungkapnya. Darmi menambahkan , kondisi ini juga menyebabkan, rumput untuk pakan ternak warga layu. “Warga juga takut memberikan rumput dengan abu vulkanik ke sapi, takut mati,” tuturnya lagi.
Sementara itu, kepala pelaksana¬† BPBD Karangasem. Ida Bagus Ketut Arimbawa mengungkapkan, ia bersama BPBD Bali telah membagikan 15 ribu masker. “Khusunya di Karangasem yang hujan abunya parah, sudah di bagikan 7 ribu masker,” ungkapnya.
Ia menambahkan, bagi masyarakat yang wilayahnya terdampak abu dan belum mendapat masker, bisa memanfaatkan benda-benda yang ada, seperti selendang atau handuk.
Pewarta : Made Yunda
Baca Juga :
Saksi BPR Suryajaya Ubud Bantah Teller Lakukan Penggelapan

Leave a Comment

Your email address will not be published.