Menuju World Class University, Bali Dwipa University Kuatkan Kerjasama dengan Kampus Top Luar Negeri

Foto: Ketua Yayasan Pendidikan Usadha Teknik Bali Dr. Ir. I Wayan Adnyana, S.H.,M.Kn., yang juga calon anggota DPD RI Dapil Bali nomor urut 37.

Balinetizen, Denpasar

Bali Dwipa University siap beroperasi penuh pada tahun akademik 2019/2020. Berbagai upaya dan inovasi pun terus dilakukan sejak kampus ini baru berdiri untuk mewujudkan visi besar menuju World Class University (Universitas Kelas Dunia).

Standar pengelolaannya dari awal sudah diarahkan mengacu pada standar-standar World Class University. Misalnya sejak awal Bali Dwipa University sudah gencar menjalin kerjasama internasional dengan kampus top di luar negeri.

Ketua Yayasan Pendidikan Usadha Teknik Bali Dr. Ir. I Wayan Adnyana, S.H.,M.Kn., yang menaungi Bali Dwipa University menjelaskan saat ini pihaknya telah menjalin penjajakan kerjasama dengan tiga perguruan tinggi top di luar negeri dalam upaya step by step (selangkah demi selangkah) Bali Dwipa University menuju World Class University.

“Bali Dwipa University sudah siapkan segala sesuatunya yang nanti yang akan digunakan saat mulai operasional pembelajaran. Termasuk sejak awal kami sudah rancang berbagai kerjasama internasional untuk menuju World Class University,” kata Adnyana saat ditemui Kamis (4/4/2019).

Tiga universitas luar negeri yang akan diajak kerjasama yakni salah satunya Niit University yang berbasis di New Delhi India. Niit University merupakan salah satu universitas terkemuka di India di bidang IT.

Dalam waktu dekat akan dijalin MoU dimana Niit University dari awal akan membantu Bali Dwipa University mempersiapkan sistem IT, menyusun kurikulum berbasis pada kompetensi di dunia kerja.

Termasuk juga dukungan terhadap progam blended learning (kombinasi pembelajaran offline atau konvensional dan pembelajaran secara online) yang akan dijalankan Bali Dwipa University sejak di tahun ajaran pertama di September 2019 ini.

Baca Juga :
Pemkab Badung Serahkan Pengelolaan Pasar Dalung Kepada Desa Adat, Diharapkan Dapat Dimanfaatkan Untuk Mendukung Akselerasi Pembangunan

Lalu kampus ini juga akan memberikan program untuk peningkatan keahlian berbahasa Inggris mahasiwa maupun dosen Bali Dwipa University. Termasuk ada kemungkinan akan menjalankan program doubel degree (gelar ganda).

“Saya sudah sempat datang langsung ke New Delhi, India. Lalu pada 11 April nanti perwakilan Niit University akan kunjungi Bali Dwipa University untuk tanda tangan MoU,” ungkap Adnyana yang juga calon anggota DPD RI Dapil Bali nomor urut 37.

Lalu ada salah satu universitas dari Taiwan dimana Bali Dwipa University telah mengirimkan satu dosen untuk mengambil studi S-3 (Doktor). “Ke depan akan kami perluas kerjasama dan tengah kami rancang seperti apa formatnya,” imbuh Doktor Ilmu Hukum lulusan Universitas Brawijaya Malang ini.

Berikutnya ada kerjasama  pula dengan salah satu perguruan tinggi swasta di Melbourne, Australia dalam hal melakukan kerjasama progam doubel degree (gelar ganda) dan progam student aboard (kuliah ke luar negeri dalam jangka waktu tertentu).

“Dengan perguruan tinggi swasta yang dari Melbourne kita sedang rancang MoU. Kami harapkan semua bisa berjalan dengan baik dan kami akan terus menambah kerjasama dengan perguruan tinggi top di luar negeri,”imbuh Adnyana.

Dari Awal Dibranding Menuju World Class University

Adnyana menegaskan upaya menggandeng perguruan tinggi top di luar negeri ini untuk memperkuat langkah dan menunjukkan komitmen serta keseriusan kampus Bali Dwipa University yang belum genap berdiri setahun ini menuju World Class University.

“Dari awal  kami canangkan langkah menuju World Class University. Kerjasama dengan kampus top luar negeri ini bagian langkah awal branding menuju World Class University,” tegas pendiri Akademi Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi Bali (ATRO Bali)dan Bali Dwipa University ini.

Baca Juga :
Siklon Tropis Surigae Meningkat 24 Jam Kedepan, Sembilan Provinsi Diminta Tingkatkan Kesiapsiagaan

Selain dengan kampus top luar negeri, Bali Dwipa University juga menjalin kerjasama dengan sejumlah kampus ternama di tanah air dengan keunggulan di bidang masing-masing untuk menguatkan program studi (prodi) yang ada.

Misalnya kerjasama dengan ITB (Institut Teknologi Bandung) untuk prodi Farmasi dan Teknik Biomedik. Untuk prodi Psikologi dengan Universitas Padjadjaran. Penguatan prodi Teknologi Pangan dengan Universitas Udayana dan Universitas Pakuan. Lalu untuk Sistem Informasi dengan Binus University serta juga dalam hal blended learning.

Sejak awal berdiri kampus yang berlokasi di Jalan Pulau Flores Nomor 5 Denpasar ini juga berupaya membentuk mahasiswa dan lulusan yang inovatif, kreatif dan ekselen (keunggulan excellent).

Itulah yang menjadi motto Bali Dwipa University yakni  “Inovatif, Kreatif dan Ekselen.” Sehingga mendeklarasikan sebagai Kampus Inovatif (Innovative Campus) yang juga menjadi modal dasar menuju World Class University.

Mantap dengan 10 Prodi Unggulan

Sebagai kampus yang baru dibuka dan resmi beroperasi akhir 2018 lalu, Bali Dwipa University menawarkan program studi yang menekankan pada pendidikan kesehatan berbasis kearifan lokal, kampus ini menjadi salah satu pilihan bagi generasi muda yang ingin berkarir di dunia kesehatan. Kampus ini memiliki sepuluh program studi (prodi) sarjana dengan berbagai keunggulan.

Prodi Teknologi Pangan unggulannya desain kemasan produk pangan tradisional Bali. Prodi Studi Gizi unggulannya gizi kuliner tradisional Bali.  Prodi Teknik Biomedik unggulannya instrumentasi biomedika dan biomekanika.

Sementara Prodi Farmasi unggulannya bahan obat, obat-obatan tradisional dan kosmetik. Prodi Psikologi unggulannya  konsultan psikologi dan ahli pskikometri. Prodi Sistem Informasi unggulannya technopreneurship dan kecerdasan bisnis. Prodi Hukum unggulannya hukum bisnis.

Selanjutnya Prodi Hubungan Masyarakat unggulannya kehumasan dan online public relation. Prodi Akuntansi unggulannya sistem informasi akuntansi dan komunikasi bisnis. Terakhir Prodi Bahasa Inggris unggulannya praktik penerjemahan dan interpretasi. (wid)

Baca Juga :
Warga Desa Adat Sumerta Dirikan Baliho Sambut Kedatangan Presiden Jokowi

Leave a Comment

Your email address will not be published.