Wabup Suiasa Buka Utsawa Dharmagita : Buktikan Keseimbangan antara Pembangunan Fisik dan Non Fisik 

Avatar

Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menyalakan Blencong sebagai tanda dibukanya Utsawa Dharmagita Kabupaten Badung tahun 2019 di Wantilan DPRD, Puspem Badung, Jumat (5/4).

Balinetizen, Badung

Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa membuka acara Utsawa Dharmagita Kabupaten Badung tahun 2019 di Wantilan DPRD, Puspem Badung, Jumat (5/4). Pembukaan ditandai dengan menyalakan Blencong. Kegiatan ini diikuti sebanyak lebih dari 500 peserta perwakilan dari 6 (enam) kecamatan di Badung.

            Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa mengatakan, Pemerintah Kabupaten Badung mengapresiasi jajaran Widya Sabha Kabupaten Badung termasuk pembina Kecamatan yang secara rutin setiap tahun menggelar Utsawa Dharmagita. Kegiatan ini sangat sejalan dengan program kerja serta visi misi pemerintah kabupaten badung dalam hal pemerdayaan, peningkatan dan pembangunan di bidang agama, adat, budaya, seni dan tradisi. ”Utsawa Dharmagita merupakan salah satu bukti terwujudnya keseimbangan antara pembangunan fisik dan non fisik,” jelasnya.

Melalui utsawa dharmagita ini membuktikan bahwa sastra dan susastra Bali memiliki nilai-nilai dan hakikat agama yang dapat dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu sebagai mensosialisasikan pengembangan sastra bali, sehingga mampu mendalami ajaran agama hindu dengan sangat tepat. Untuk kedepannya pemerintah berkomitmen bahwa kegiatan Utsawa Dharmagita agar selalu diadakan. Sehingga pemerintah selalu mengapresiasi terlaksananya utsaha dharmagita di tahun 2019 sebagai tingkatan usia mulai dari  tingkatan lapisan anak-anak, kelompok golongan remaja, dewasa, dan lansia.

Sementara itu Kapala Dinas Kebudayaan IB Anom Bhasma didampingi Ketua Widya Sabha Kabupaten Badung I Wayan Sudiasa mengatakan, utsawa dharmagita kali ini diikuti duta masing-masing kecamatan di Badung. dengan melombakan beberapa kategori meliputi; kidung anak-anak, remaja dan dewas campuran, kidung lansia, kekawin remaja putra, putri, dewasa putra, dewasa putri, mecepat anak-anak putra, putri, remaja putra, membaca sloka anak-anak putra-putri, remaja putra-putri, dewasa putra-putri, menghafal sloka anak-anak, remaja, dewasa, palawakya remaja putra-putri, dewasa putra-putri, dharma wecana bahasa bali anak putra-putri, remaja putra-putri, dewasa putra-putri,dharma wecana bahasa inggris remaja putra-putri, dewasa putra-putri, dharma widya TK, SD, dharma widya TK SMP, dharma widya TK SMA. “Kegiatan ini sebagai persiapan mengikuti utsawa dharmagita tingkat provinsi bali yang akan dilaksanakan bersamaan dengan pesta kesenian bali.

Dikatakan kegiatan ini juga merupakan bagian bulan bahasa bali yang dilakukan oleh Gubenur Bali. Bulan bahasa bali untuk di Kabupaten Badung sudah lebih dulu dicanangkan. Diharapkan mampu meningkatkan kegiatan berbahasa bali mulai anak-anak, remaja, dewasa hingga lansia. Kedepan masyarakat Badung diharapkan agar terus melestarikan bahasa dan sastra agama Hindu. ”Kita akan tetap menggelar utsawa dharmagita, disamping itu kegiatan menulis/nyurat bahasa bali juga telah dilakukan di sekolah-sekolah. Tahun ini sudah dilaksanakan di Kecamatan Petang dan beberapa sekolah di Kabupaten Badung, sehingga kami memiliki kader bahasa bali sebanyak 5.000 orang dari tingkatan SD, sampai SMA.” imbuhannya.

Turuh hadir dalam kesempatan itu Wakil Ketua DPRD Kabupaten Badung I Made Sunarta beserta istri, Ketua Gatriwara Badung Ny. Ayu Parwata, Wakil Ketua 1 dan 2 Tim Penggerak PKK Kabupaten Badung, Ketua WHDI Kabupaten Badung, Ketua Widya Sabha seluruh Kacamatan se- Kabupaten Badung.

Sumber : Humas Badung

Baca Juga :
Nikmati Bulan Ramadan bersama Resso, Akses Musik untuk Semua Anggota Keluarga

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.