Wabup. Suiasa Hadiri Karya Melaspas Pura Desa lan Puseh Kutaraga

????????????????????????????????????

Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa saat menghadiri karya melaspas, rsi gana, manca kelud dan mendem pedagingan di Pura Desa lan Puseh Desa Adat Kutaraga, Desa Bongkasa, Kec. Abiansemal, Kamis (4/4).

Balinetizen, Badung

Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa didampingi Anggota DPRD Badung IB Made Sunartha, Camat Abiansemal I Gst. Ngr. Suryajaya dan tokoh masyarakat IGN Alit Kesuma Kelakan menghadiri karya melaspas, rsi gana, manca kelud dan mendem pedagingan di Pura Desa lan Puseh Desa Adat Kutaraga, Desa Bongkasa, Kec. Abiansemal, Kamis (4/4). Kehadiran Wabup. Suiasa disambut krama Banjar Adat Kutaraga selaku pengempon pura desa. Beliau juga melakukan persembahyangan guna ngrastitiang agar karya pemelaspas berjalan lancar. Dalam tatap muka dengan krama, Wabup. Suiasa menyerahkan secara simbolis bantuan seragam untuk PKK dan krama lanang, serta membantu dana sebesar Rp. 5 juta.

Menurut Bendesa Adat Kutaraga, I Gst Ngr Putra, karya melaspas ini dilaksanakan serangkaian telah selesainya pembangunan parahyangan di pura desa lan puseh. Pembangunan ini mendapat bantuan hibah Pemkab Badung sebesar Rp. 2 M di tahun 2018. Dengan bantuan tersebut semua pelinggih dan bangunan di utama manggala pura dapat diselesaikan. Sementara ada sejumlah bangunan yang belum dapat diperbaiki seperti tembok penyengker, bale gong, bale panjang, bale kulkul, pengubengan, balang tamak, perantenan dan kori agung, dengan perkiraan dana mencapai Rp. 3 M. Untuk itu pihaknya akan kembali memohon dukungan dari Pemkab Badung sehingga pembangunan pura tuntas. “Setelah selesai pembangunan pura semua, kami juga rencanakan untuk melaksanakan karya memungkah,” jelasnya.

????????????????????????????????????

Wabup. Suiasa atas nama pemerintah sangat mengapresiasi krama Desa Adat Kutaraga telah berhasil memperbaiki parhyangan Pura Desa lan Puseh. Dukungan pemerintah kepada masyarakat terutamanya dalam pembangunan fisik pura, sudah menjadi komitmen dalam upaya melestarikan seni, adat, agama dan budaya di kabupaten badung. “Kami Pemkab Badung akan senantiasa memberikan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat. Termasuk apa yang direncanakan pembangunan pura selanjutnya, kami akan upayakan untuk membantu,” tambahnya. Untuk itu, Suiasa mengharapkan krama dapat meningkatkan srada bhakti sebagai swadarma krama kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Selain itu tetap mempertahankan ikatan pasemetonan agar tetap bersatu.

Baca Juga :
Pansus DPRD Badung Rancang Ranperda tentang Inovasi Daerah

Sumber : Humas Badung

Leave a Comment

Your email address will not be published.