Bupati Suwirta Pimpin Aksi Bersih Pantai, Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta memimpin aksi bersih sampah plastik di Pantai Goa Lawah dan Pantai Belatung

Balinetizen, Klungkung

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta memimpin aksi bersih sampah plastik di Pantai Goa Lawah dan Pantai Belatung, Desa Pesinggahan Kecamatan Dawan. Kegiatan ini merupakan bagian dari Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik yang dilaksanakan serentak di Kabupaten/Kota se-Bali pada hari ini, Minggu (7/4/2019). Aksi bersih pantai melibatkan seluruh jajaran pegawai Pemkab Klungkung, TNI/Polri dan organisasi kemasyarakatan lainnya.

Gerakan kebersihan yang dimulai sekitar pukul 07.00 Wita ini dilakukan dengan memungut sampah-sampah plastik yang berserakan disekitar pantai. Sampah-sampah ini kemudian dikumpulkan dalam wadah yang telah disiapkan untuk selanjutnya ditangani oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Klungkung.

Bupati Suwirta dalam kegiatan tersebut menyatakan bahwa gerakan bersih sampah plastik memang sudah sering dilakukan di Kabupaten Klungkung. Gerakan ini sebagai suatu pembelajaran tentang bagaimana bahaya sampah plastik tersebut bagi manusia maupun lingkungan. “Gerakan ini sudah dari dulu kita lakukan. Dengan Peraturan Gubernur (Pergub) yang ada sekarang mari kita tindaklanjuti gerakan ini sampai ke masyarakat,” ujar Bupati Suwirta.

Melalui gerakan ini, Bupati juga mengingatkan masyarakat untuk kembali menggalakkan semangat dan budaya gotong royong yang sudah ada sejak dulu. Masalah sampah di Kabupaten Klungkung memang ditangani serius oleh pemerintah kabupaten melalui sebuah metode Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS). Tetapi, menurut Bupati berbicara penanganan sampah tidak hanya tugas pemerintah saja, peran masyarakat juga dinilai sangat penting. “Harapan kita masyarakat kembali menggalakkan semangat gotong royong, karena penanganan sampah bukan tugas pemerintah saja tetapi peran masyarakat juga sangat penting,” ucapnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (LHP) Kabupaten Klungkung, A.A Ngurah Kirana menyebutkan Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik yang dilaksanakan serentak di Provinsi Bali untuk Kabupaten Klungkung dilaksanakan di Pantai Belatung dan Pantai Goa Lawah. Kegiatan ini juga dirangkaikan menyambut peringatan Hari Puputan Klungkung ke-111dan HUT ke-27 Kota Semarapura pada 28 April mendatang.

Baca Juga :
Presiden Jokowi Terima Prabowo di Istana Merdeka dan Bicarakan Banyak Hal

Menurut Kirana, sampah-sampah yang terkumpul saat ini selanjutnya akan dipilah dan akan diolah oleh petugas. Kegiatan ini akan dilaksanakan secara rutin setiap bulan khususnya untuk sampah plastik. “Untuk sampah plastik kita akan rutin lakukan setiap bulan karena sampah plastik ini benar-benar sangat membahayakan,” sebutnya. (nom)

Editor : Sutiawan

Leave a Comment

Your email address will not be published.