Usulannya Diakomodir, Wabup Kembang Hartawan Apresiasi Program Wifi Gratis Gubernur

  • Usulannya Diakomodir, Wabup Kembang Hartawan Apresiasi Program Wifi Gratis Gubernur

    Balinetizen, Jembrana

  • Program wifi gratis hari ini Rabu (10/4) untuk pertamakalinya dilaunching Gubernur Bali Wayan Koster di Wantilan Pura Puseh Dauhwaru, Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana.

    Wifi gratis itu menjangkau seluruh daerah di Bali yang akan dipusatkan disejumlah titik antara lain wantilan,puskesmas ,publik area serta obyek wisata.

    Total sebanyak 1825 akses poin atau titik yang akan dipasang secara bertahap, dan bulan April diharapkan sudah direalisasikan sebesar 640 akses poin atau 35 persen.

    Atas realisasi layanan free wifi gratis tersebut, Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan berterimakasih kepada Gubernur Bali Wayan Koster. Terlebih Kabupaten Jembrana tahun ini juga mendapat 89 titik yang dipasang di 64 desa pekraman, 10 puskesmas serta 15 obyek wisata.

  • Karena menurutnya, salah satu pencetus ide awal layanan wifi gratis merupakan usulannya. Untuk itu Wabup Kembang bersyukur karena usulannya saat kampanye Pilgub lalu ternyata diakomodir dan direalisasikan Gubernur.

    Wabup Kembang menuturkan saat perhelatan kampanye Pilgub Bali 2018 lalu dirinya mengusulkan agar wantilan yang ada ditiap-tiap desa pekraman bisa berfungsi lebih. Tidak hanya berfungsi ketika ada paruman atau rapat, kegiatan budaya dan hiburan lainnya, tapi lebih dari itu. Ada fungsi -fungsi lain, seperti edukasi salah satunya melalui pemanfaatan internet free wifi.

  •  

    “Dengan layanan internet gratis yang kita sebar diberbagai fasilitas umum ada pemerataan layanan, dan bisa dinikmati siapa saja. Dengan demikian internet bisa menjadi sarana positif bagi masyarakat,” ujar Wabup Kembang.

    Selain itu Ia juga berharap, program wifi gratis ini dapat meningkatkan pengetahuan dan mengurangi kesenjangan digital serta pemerataan infrastruktur telekomunikasi dimasyarakat. Terlebih penting lagi internet dapat meningkatkan kualitas SDM krama Bali.

    Program internet gratis ini merupakan kerjasama Pemerintah Provinsi Bali dengan Pemerintah Kabupaten/Kota untuk meningkatkan kapasitas masyarakat melalui Layanan Free Akses Wifi (internet gratis).

    Melalui pemanfaatan internet itu diharapkan dapat meningkatkan perekonomian, kepariwisataan, memperkuat budaya, kesehatan dan pengetahuan sesuai dengan potensi lokal dan wawasan global yang dimiliki.

    Launching internet gratis ini sekaligus sebagai momentum memulai kreativitas dan inovasi dalam dinamika perubahan yang begitu cepat namun tetap tidak melupakan akar budaya Bali.

    Sementara itu Gubernur Bali Wayan Koster seusai Launching wifi gratis mengatakan program wifi gratis ini diberikan kepada semua desa adat di Bali,

    “Di Bali ada 1.493 desa adat dan semuanya harus dapat ditambah puskesmas, sekolah dan tempat wisata. Agar semuanya dapat akses” ujarnya.

    Bahkan menurutnya kalau desa adatnya besar mungkin akan mendapat lebih dari satu akses poin. Pihaknya berharap generasi muda di Bali bisa memanfaatkan secara baik akses wifi gratis ini dan bermanfaat untuk masyarakat. (abhi/humas).

  • Editor : Sutiawan
Baca Juga :
Melanggar Prokes, Seorang Pelanggar Taruh KTP Sebagai Jaminan

Leave a Comment

Your email address will not be published.