Jokowi dan PDIP Jawara, Koster: Tidak Perlu Ada Pesta Kemenangan

Foto: Gubernur Bali I Wayan Koster bersama Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) saat memberikan keterangan pers di Rumah Jabatan Gubernur Bali, Jaya Sabha, Denpasar, Kamis siang (18/4/2019).

Balinetizen, Denpasar

Gubernur Bali I Wayan Koster angkat bicara terkait hasil hitung cepat (quick count) berbagai lembaga survei yang menunjukkan persentase indikasi kemenangan pasangan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin sebesar 53%-55%.

Khususnya di Bali angkanya mencapai dikisaran 90%, termasuk indikasi kemenangan untuk PDI Perjuangan secara nasional dan khususnya di Bali

“Hendaknya hasil itu disikapi dengan rasa syukur dan bahagia, tidak perlu ada pesta kemenangan,” kata Gubernur Koster didampingi Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) dalam keterangan pers di Rumah Jabatan Gubernur Bali, Jaya Sabha, Denpasar, Kamis siang (18/4/2019).

Ia juga mengajak semua pihak tetap menjaga situasi dan kondisi Bali agar tetap kondusif, memelihara persatuan dan kesatuan, dan menghormati semua pihak termasuk Tim Pasangan Prabowo dan Sandiaga Uno di Bali.

“Dengan tidak memancing atau terpancing dari pihak manapun juga sebagai bentuk komitmen bersama Nindihin Gumi Bali,” imbuh Koster yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali ini

Selanjutnya, Koster mengajak semua pihak menunggu hasil resmi penghitungan dari KPU. “Mari kita kawal proses dan tahapan penghitungan suara yang dilaksanakan oleh KPU dengan penuh kesabaran dan berlapang dada,” ajak Koster.

Jokowi di Bali Menang Telak di Atas 90 Persen

Seperti diberitakan sebelumnya, hasil quick count (hitung cepat) Pilpres 2019 dari sejumlah lembaga survei menempatkan pasangan capres-cawapres Jokowi-Ma’ruf Amin unggul secara nasional rata-rata di kisaran 54 persen hingga 55 persen lebih.

Baca Juga :
Korem 174 Merauke Gelar Serbuan Vaksinasi Covid-19 Di Ujung Negeri

Khusus untuk di Bali, bahkan Jokowi menang telak di angka di atas 90 persen. Hal ini sebagaimana data yang disampaikan Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma’ruf Amin Provinsi Bali IGN Kesuma Kelakan berdasarkan hitung cepat tim relawan.

“Suara belum full masuk. Kemungkinan bisa di angka 95 persen. Tapi saat ini data baru masuk di angka 91 persen untuk kemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin di Bali dengan total suara masuk di kisaran 90 persen,” ungkap politisi yang akrab disapa Alit Kelakan ini saat dihubungi via telpon Rabu malam (17/4/2019).

Alit Kelakan yang juga caleg DPR RI dapil Bali nomor urut 2 dari PDI Perjuangan mengungkapkan Jokowi menang telak hampir merata di seluruh kabupaten/kota di Bali. Dengan angkat kemenangan tertinggi seperti di Badung, Tabanan, dan Karangasem.

Bahkan di Klungkung yang diketahui baik di legalislatif (DPRD Klungkung) dan eksekutif (Bupati Klungkung) dikuasai Partai Gerindra selaku partai utama pengusung pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Jokowi juga menang.

“Di Klungkung Jokowi juga menang telak, di atas 80 persen,” kata Alit Kelakan yang juga  Anggota DPD RI dapil Bali periode 2009-2014 yang juga mantan Wakil Gubernur Bali ini.

Kemenangan telak Jokowi di atas 90 persen ini jauh melebihi target kemenangan yang dibidik TKD yakni di angka 80 persen. Angka itu juga jauh di atas perolehan suara Jokowi-Jusuf Kalla pada Pilpres 2014 lalu yang di angka 71,42 persen di Bali.

Kemenangan telak Jokowi di Bali juga disampaikan Sekretaris TKN (Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf Amin yakni Hasto Kristiyanto di rumah Megawati, Jalan Kebagusan Dalam IV No 45, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (17/4/2019).

Baca Juga :
Ketua TP PKK Provinsi Bali Minta ASN Belanja Sayur di Pasar Gotong Royong

Sekjen PDI Perjuangan ini mengatakan Jokowi-Ma’ruf unggul di Bali dengan perolehan lebih dari 95 persen suara.  “Ya kalau seperti Bali otomatis di atas 95 persen, tapi semua nanti kami lihat kembali. Jateng top, Jakarta juga menang, NTT juga menang, Papua juga menang,” tuturnya. (wid)

Leave a Comment

Your email address will not be published.