Viral, 2 WNA Naik Gunung Agung

Avatar

Foto: Salah satu wisatawan, merekam kondisi kawah gunung agung

Balinetizen, Karangasem

Lagi,lagi 2 orang WNA nekat naik Gunung Agung yang tengah berstatus siaga. Hal ini diketahui dalam sebuah video yang diunggah salah satu tim relawan mitigasi bencana Gunung Agung, Suryana Arimbawa. “Ia 2 orang kemarin (18/4), naik ketika turun ketahuan relawan, ” ungkapnya.

Ia menambahkan, menurut keterangan wisatawan, mereka sempat panik turun, karena terjadi gempa  di Gunung Agung. Video yang ada kemudian di serahkan ke pengamat untuk dianalisis.

Sementara itu Kepala pelaksana BPBD Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa , tetap menghimbau, pihak-pihak terkait, sepeti Dinas Pariwisata, PHRI agar tetap menghimbau wisatawan untuk tidak melakukan pendakian.

“Kondisi Gunung Agung masih rentan erupsi, kami telah mengeluarkan surat edaran kepada pelaku wisata, untuk tidak melakukan wisata pendakian,” tutur Arimbawa.

Sementara itu, hingga saat ini Seismograf Pos pengamatan Gunung Agung, masih mencatat kegempaan di tubuh gunung, bahkan pada sore kemarin tercatat 2 jenis  gempa yang semula jarang terekam, yaitu vulkanik dangkal, dan tektonik lokal. Bahkan pada sore kemarin BMKG, merilis terjadi aktivitas sesar di dekat Gunung Agung, yang ditandai dengan gempa berkekuatan 3,3 SL.

Melihat hal itu, pihak PVMBG tetap menghimbau, masyarakat untuk tidak beraktivitas di zona bahaya, karena potensi erupsi yang tiba-tiba dapat mengancam nyawa.

Pewarta : Made Yunda

Baca Juga :
Malaysia Healthcare Travel Council Gelar Diseminasi Informasi Perawatan Kanker di Bali

Leave a Comment

Your email address will not be published.