Walikota Rai Mantra Hadiri Pujawali Di Pura Kesuma Jati Sanur

Ket.Foto : Serangkaian  Pujawali  dan Piodalan Pura Kesuma Jati Linggih Ida Ratu Tuan, Baris Cina dan Gong Beri, Semawang, Desa Pakraman Intaran, Sanur dilaksanakan pada Rahina Sabtu (20/4).  Turut serta menghaturkan Pujawali  di Pura setempat Walikota Denpasar, I.B Rai Dharmawijaya Mantra didampingi Camat Densel, I Wayan Budha dan Kabag Kesra, I Made Raka Purwantara.

Balinetizen, Denpasar

Serangkaian  Pujawali  dan Piodalan Pura Kesuma Jati Linggih Ida Ratu Tuan, Baris Cina dan Gong Beri, Semawang, Desa Pakraman Intaran, Sanur bertepatan dengan Rahina Tumpek Wayang, Sabtu (20/4).  Turut serta menghaturkan Pujawali  di Pura setempat Walikota Denpasar, I.B Rai Dharmawijaya Mantra didampingi Camat Densel, I Wayan Budha dan Kabag Kesra, I Made Raka Purwantara yang disambut hangat tokoh adat dan juga masyarakat setempat yang sejak pagi antusias mengikuti rangkaian Pujawali.

Walikota Denpasar, I.B Rai Dharmawijaya Mantra mengatakan pelaksanaan Pujawali  serta Piodalan di Pura Kesuma Jati Linggih Ida Ratu Tuan, Baris Cina dan Gong Beri, Semawang, Desa Pakraman Intaran, Sanur ini merupakan wujud nyata sinergi bersama masyarakat Pangempon Pura Kesuma Jati dalam meningkatkan Sradha Bhakti yang bertujuan memohon keselamatan dan perlindungan Ida Shang Hyang Widhi Wasa. “Selain itu juga sebagai bentuk rasa syukur atas limpahan berkahNYA” ujar Rai Mantra.

Lebih lanjut dikatakan Rai Mantra, keberadaan Pura Kesuma Jati dengan Pelinggih Ida Ratu Tuan serta memiliki peninggalan Gong Beri dan Tari Baris Cina. “Khusus Tari Baris Cina karena nilai historis dan keunikannya telah diakui secara nasional sebagai salah satu Warisan Budaya Tak Benda dari Kota Denpasar oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaaan RI. Keberadaan warisan- warisan budaya yang tak ternilai di Kota Denpasar inilah sepatutnya kita jaga sebagai elemen pendukung pembangunan Kota Denpasar sejalan dengan visi misi Kota Kreatif Berwawasan Kebudayaan. Tentu saja peninggalan baik yang sudah terdata maupun belum terdata terus kita jaga keberadaannya agar dapat dilanjutkan nanti oleh generasi penerus kita” ujar Rai Mantra.

Baca Juga :
Korban Kejebur ke Laut, Ini Pengakuan Kakak Sepupu

Sementara Panglingsir Pura Kesuma Jati Linggih Ida Ratu Tuan, Baris Cina dan Gong Beri, I Gusti Made Rumatanaya mengucapkan terimakasih atas kehadiran Walikota Denpasar, I.B Rai Dharmawijaya Mantra pada Pujawali  dan Piodalan di Pura Kesuma Jati Linggih Ida Ratu Tuan, Baris Cina dan Gong Beri. “Untuk diketahui, Pura Kesuma Jati ini memiliki peninggalan berupa Gong Beri yang terdiri dari Sembilan intsrumen Gamelan. Gong Beri dan Tari Baris Cina ini kerap dipertunjukkan pada hari Suci Piodalan. Keberadaan warisan budaya ini dengan ciri khas serta nilai historisnya tentu akan terus kami lestarikan ditingkat masyarakat adat. Terimakasih kami ucapkan kepada Pemkot Denpasar yang secara konsisten telah memberikan perhatian terhadap pelestarian seni budaya baik warisan benda maupun tak benda yang berada ditengah masyarakat” ungkapnya.(esa/humasdps).

Editor : Sutiawan

Leave a Comment

Your email address will not be published.