Golkar Klaim Amankan Dua Kursi DPR RI Dapil Bali, Demer Melenggang Mulus, Gus Adhi dan Gredeg “Balapan”

Plt. Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Bali Gde Sumarjaya Linggih (Demer)

Balinetizen, Denpasar

Golkar Bali tampaknya bisa bernafas lega. Setelah sebelumnya sempat khawatir kehilangan satu kursi DPR RI dapil Bali pada Pileg 2019 ini, kini “partai beringin” dipastikan amankan dua kursi DPR RI dapil Bali.

Kepastian perolehan dua kursi ini disampaikan Plt. Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Bali Gde Sumarjaya Linggih (Demer) berdasarkan hasil perhitungan internal berbasiskan data rekapitulasi suara di formulir C-1.

“DPR RI dapil Bali untuk Golkar sementara ini kami pastikan aman dua kursi. Sebelumnya kami memang sempat khawatir hanya dapat satu kursi,” kata Demer saat dihubungi Selasa malam (23/4/2109).

Demer memaparkan berdasarkan hasil perhitungan internal berbasiskan data rekapitulasi suara di formulir C-1, saat ini suara Partai Golkar untuk DPR RI dapil Bali sudah tembus di angka 323 ribu lebih, dengan data suara masuk mencapai 91 persen.

Demer Aman, Gus Adhi dan Gredeg Bersaing Ketat

Saat dinyatakan siapa saja yang dipastikan aman ke DPR RI dari Golkar, Demer mengakuinya dirinya sudah pasti lolos dengan perolehan suara tertinggi di internal Golkar.

Satu kursi lagi masih diperebutkan secara ketat antara AA Bagus Adhi Mahendra Putra alias Gus Adhi dan I Wayan Gredeg. Perolehan suara kedua petarung Golkar ini masih saling kejar-kejaran alias balapan.  “Satu kursi saya dan satu lagi antara Gus Adhi dan Pak Gredeg,” terang Demer yang Anggota DPR RI tiga periode itu (2004-2009, 2009-2014 dan 2014-2109).

Saat ini siapa yang lebih tinggi, Gus Adhi atau Gredeg? Ditanya demikian politisi Golkar asal Desa Tajun, Buleleng ini enggan buka suara. “Tidak etis kalau saya bicara itu. Kita tunggu saja sampai final,” tegas Demer yang masih duduk di Komisi VI DPR RI.

Baca Juga :
Utusan Khusus Trump untuk Ukraina Undur Diri

Namun dari informasi yang beredar di internal Golkar, Gus Adhi sejauh ini masih unggul tipis dibandingkan Gredeg. Jika posisi ini bertahan hingga pleno resmi di KPU maka dipastikan Gus Adhi selaku petahana kembali lolos ke DPR RI di Senayan, Jakarta.

Terkait kepastian perolehan dua kursi DPR RI ini Demer mengaku cukup lega sebab mampu bertahan seperti hasil Pileg 2014. Walau memang target tiga kursi DPR RI tidak tercapai pada Pileg 2019 ini.

“Tadinya kami khawatir suara Golkar di bawah 300 ribu. Ternyata sekarang lebih dari 300 ribu. Kalau sampai final bisa sampai 340 ribu suara. Jadi dua kursi sudah aman,” tandas Demer.

Dengan hasil ini, peta komposisi perolehan kursi DPR RI dapil Bali sementara ini menjadi enam kursi milik PDI Perjuangan, dua kursi milik Partai Golkar dan satu kursi milik Partai Demokrat. (wid)

Leave a Comment

Your email address will not be published.