Lolos DPRD Badung, Lanang Umbara Raih Suara Terbanyak Dapil Petang

Foto : I Gusti Lanang Umbara

Balinetizen, Mangupura

I Gusti Lanang Umbara, calon legislatif (Caleg) PDI Perjuangan Nomor Urut 2 berhasil lolos ke DPRD Badung dengan meraih suara terbanyak untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Badung III Petang.

Mantan Perbekel Pelaga ini bahkan berhasil menggungguli dua rekannya sesama kader moncong putih, yakni IGA Inda Trimafo Yudha dan I Wayan Suryantara. Dalam pertarungan di daerah ‘ujung keris’ tersebut, Suryantara bahkan harus rela tersingkir,  lantaran perolehan suaranya dikalahkan oleh alkumulasi perolehan suara Partai Golkar.

Berdasarkan peta politik selama Pemilu 2019 khusus di Kecamatan Petang dari awal memang hanya ada dua parpol yang bersaing. Yakni, PDI Perjuangan dan Golkar.

Golkar memasang I Nyoman Suka yang nota bena petahana Dewan Badung untuk mempertahankan kursi di ‘kandang banteng’ wilayah kekuasaan Ketua DPC PDI Perjuangan Badung I Nyoman Giri Prasta.  Alhasil, dengan perolehan suara paling buncit Nyoman Suka politisi asal Desa Samuan Carangsari itu berhasil mengamankan kursi dengan menyingkirkan mantan Perbekel Petang, I Wayan Suryantara.

Sementara Trimafo Yudha atau Gek In sendiri sejak awal memang diunggulkan merebut kursi bersama Lanang Umbara. Dalam perebutan suara, kedua politisi asal Banjar Semanik Pelaga dan Puri Ngurah Rai Carangsari ini bahkan sempat panas. Dalam rekapitulasi suara sementara, keduanya beberapa kali sempat saling salip posisi. Baik LU – sebutan Lanang Umbara maupun Gek In masing-masing unggul di tiga desa. Namun, hasil akhir I Gusti Lanang Umbara berhasil membuktikan dirinya sebagai kader terkuat di wilayah Kecamatan Petang, kemudian baru disusul dengan selisih suara yang sangat tipis oleh Gek In.

Dari raihan suara sementara, I Gusti Lanang Umbara berhasil unggul dengan perolehan 6.202 suara. Kemudian IGA Trimafo Yudha diposisi runner-up dengan raihan 5.871 suara. Sementara I Nyoman Suka dari Golkar yang juga diprediksi lolos hanya mengantongi sebanyak 2.538 suara.

Baca Juga :
Kapolres Jembrana Kembali Salurkan Ratusan Bansos Kepada Warga Yang Terdampak PPKM Darurat

I Gusti Lanang Umbara yang dikonfirmasi, Rabu (24/4), membenarkan dirinya memperoleh suara tertinggi dalam perebutkan kursi DPRD Badung Dapil Petang.

“Iya, berdasarkan rekapan C1 tiyang (saya) memperoleh 6.202 suara di Kecamatan Petang. Paling tinggi dari suara calon-calon yang lain,” ungkapnya.

Menurut mantan Ketua Forum Perbekel se-Badung ini, PDI Perjuangan bahkan  dapat dipastikan berhasil merebut dua kursi dari tiga kursi DPRD Badung yang ada di Kecamatan Petang.

Keberhasilan merebut dua kursi dari Dapil baru ini, menurut Lanang Umbara  tidak bisa dilepaskan dari peran Ketua DPC PDI Perjuangan Badung I Nyoman Giri Prasta yang senantiasa mensuport para caleg PDI Perjuangan untuk turun dan berbuat untuk masyarakat Petang.

“Kami sangat bersyukur karena atas tuntunan dan bimbingan Bapak Bupati selaku Ketua DPC PDI Perjuangan Badung, sebagai pendatang baru kami berhasil memperoleh suara yang sangat memuaskan pada Pileg kemarin. Mudah-mudahan dengan kepercayaan pimpinan dan masyarakat ini, kami bisa mengabdi dan berbuat yang lebih besar untuk masyarakat Petang,” tutupnya.

Editor : Sutiawan

Leave a Comment

Your email address will not be published.