Penyandang Disabilitas se-Kabupaten Klungkung Ikuti Lomba Utsawa Dharma Gita

Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta menghadiri sekaligus membuka Lomba Utsawa Dharma Gita bagi penyandang Disabilitas se-Kabupaten Klungkung

Balinetizen, Klungkung

Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta menghadiri sekaligus membuka Lomba Utsawa Dharma Gita bagi penyandang Disabilitas se-Kabupaten Klungkung. Kegiatan ini diselenggarakan untuk menyambut HUT Puputan Klungkung ke-111 dan HUT Kota Semarapura-27 Tahun 2019. Acara ini juga dihadiri Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Klungkung Ida Bagus Anom Adnyana, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Klungkung I Nengah Sukasta serta istansi terkait lainnya yang bertempat di Balai Budaya Ida I Dewa Agung Istri Kanya, Kabupaten Klungkung, Kamis (25/4/2019) Pagi.

Dalam Sambutan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta yang dibacakan oleh Wakil Bupati Klungkung Made Kasta menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan lomba tersebut, sesungguhnya lomba Utsawa Dharma Gita ini merupakan penghargaan bagi para penyandang disabilitas atas kreatifitsnya. “Melalui lomba Utsawa Dharma Gita bagi penyandang Disabilitas se-Kabupaten Klungkung kita kobarkan api semangat untuk mengajengkan kesenian budaya Bali,” ujarnya.

Lebih lanjut, Wabup Kasta menambahkan agar perlombaan ini bisa dijadikan motivasi kedepan terutama buat penyandang disabilitas agar lebih bersemangat lagi menyalurkan bakat ke jenjang yang lebih tinggi mengikuti lomba. “Jadikan perlombaan ini sebagai ajang untuk memotivasi diri agar kedepan makin bersemangat didalam melakukan segala hal salah satunya dengan mengikuti perlomaan,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Klungkung Ida Bagus Anom Adnyana menyampaikan tujuan dari lomba ini yakni sebagai wadah untuk berkreatifitas bagi penyandang disabilitas didalam mengapresiasikan bakat dan kemampuannya serta mengajegkan kesenian budaya Bali. Adapun juga jumlah peserta yang mengikuti perlombaan ini sebanyak 11 orang dari masing-masing Kecamatan yaitu Kecamatan Nusa Penida 1 orang, Kecamatan Dawan 3 orang, Kecamatan Klungkung 2 orang dan Kecamatan Banjarangkan 5 Orang. Selain itu, juga ada kriteria penilain antara lain tikas/penampilan, suara (jenis dan keindahan  suara), wewiletan, guru ding dong, onek-onekan (jelas tidaknya ucapan) dan raras (ekspresi).

Baca Juga :
PPDB SMP Negeri di Jembrana Tak Merata

Di akhir acara, Wabup Kasta menyerahkan piala kepada para pemenang lomba yakni juara pertama dengan total nilai sebanyak 1.418 berhasil diraih oleh I Wayan Serinada, juara kedua dengan total nilai 1.400 atas nama I Gede Sudiana dan juara ketiga dengan total nilai 1.397 atas nama I Wayan Sukariawan.(Humasklk/puspa).

Leave a Comment

Your email address will not be published.