Sinergi Distan Bersama Kodim Gianyar Wujudkan Swasembada Pangan

Jajaran Dandim 1616/Gianyar Letkol Kav. Asep Noer Rokhmat, S.E.,M.M., melaksanakan tanam padi di Subak Pejeng, Bmanjar Durga Kutri, Desa Buruan, Blahbatuh, Gianyar, Jumat (26/04).

Balinetizen, Gianyar

Sebagai upaya meningkatkan swasembada pangan dan untuk mencapai target yang telah ditentukan pada semester I dalam program upaya khusus pertanian, Kodim 1616/Gianyar di bawah pimpinan Dandim 1616/Gianyar Letkol Kav. Asep Noer Rokhmat, S.E.,M.M., melaksanakan tanam padi di Subak Pejeng, Bmanjar Durga Kutri, Desa Buruan, Blahbatuh, Gianyar, Jumat (26/04).

Dengan tema “melalui pembinaan ketahanan pangan, TNI AD siap mendukung pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan sebagai pilar perekonomian bangsa dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada di wilayah”,

Semangat dan antusias Para Prajurit Kodim 1616/Gianyar bersama-sama dengan Para Petani Subak Pejeng turun ke sawah di bawah bimbingan BPP Kecamatan Blahbatuh menanam padi di lahan milik I Wayan Murtawan seluas 1 hektare dengan bibit padi yang digunakan jenis varietas Cigeulis.

Pada kegiatan tanam padi kali ini dihadiri Dandim 1616/Gianyar, Letkol Kav Asep Noer Rokhmat, S.E., M.M., Kasdim 1616/Gianyar Mayor Inf I Gede Merta Santosa, A.Md., Kadis Pertanian Kabupaten Gianyar Ir. I Dewa Made Raka, M.Si., Kepala UPT BPP Pertanian Kecamatan Blahbatuh I Ketut Murya, S P., PPL Pertanian Desa Buruan, I Gusti Ngurah Oka, Pekaseh Subak Pejeng, I Ketut Doble beserta warga Subaknya.

Tanam Padi ini merupakan bentuk sinergitas dan saling dukung antara Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar dengan Kodim 1616/Gianyar dengan para petani dalam mewujudkan program pemerintah untuk mencapai swasembada pangan sehingga perlu memaksimalkan peran sumber daya yang dimiliki dihadapkan dengan target pencapaian yang telah ditentukan sehingga peran aktif Kodim 1616/Gianyar dapat bermanfaat bagi petani khususnya.

Baca Juga :
Usai “Dibully”, Pengadaan Seragam Dinas di DPRD Bali Dibatalkan, Ini Kata Sugawa Korry

Dandim 1616/Gianyar yang ditemui di lokasi mengatakan peran aktif yang dilakukan TNI dalam rangka program pendampingan pertanian ini bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat khususnya para Petani sekaligus mendukung secara penuh program pemerintah meningkatkan swasembada pangan.

“Kami memotivasi para petani untuk selalu memanfatkan lahannya sebagai lahan pertanian karena pengembangan sektor pertanian sangat menjanjikan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan kami berharap, apa yang dilakukan oleh Kodim 1616/Gianyar dalam hal pendampingan pertanian ini dapat bermanfaat bagi para petani”, jelas Dandim.

Pekaseh Subak Pejeng I Ketut Doble mengatakan peran serta anggota TNI dari Kodim Gianyar dalam memotivasi para petani di Subak Pejeng sangat membantu dengan kegiatan nyata langsung turun ke sawah dan kami sangat mengapresiasi peran serta Kodim 1616/Gianyar.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan dan peran sertanya”, ungkap Ketut Doble yang berharap kegiatan bersama TNI seperti ini dapat berlanjut.

Editor : Sutiawan

Leave a Comment

Your email address will not be published.