Pemilihan Jegeg Bagus 2019 Duta Pariwisata Kabupaten Badung

Wabup Suiasa disaat menghadiri Pemilihan duta pariwisata Kabupaten Badung, Sabtu (27/4) lalu, di Ballroom Trans Resort Seminyak Kecamatan Kuta Kab. Badung

 

Balinetizen, Badung

Pemilihan duta pariwisata yang lebih familiar di telinga masyarakat sebagai ajang Jegeg Bagus tidak hanya sekedar ikut- ikutan trend dan gagah-gagahan serta serimonial saja, namun pemilihan ajang Jegeg Bagus merupakan wadah dan ruang bagi kaum muda untuk mengepresikan bakat intelegensi dan kemampuan serta kecintaannya kepada daerah, kearifan lokal yang bernafaskan adat seni dan budaya serta lingkungannya untuk pembangunan Badung dan Bali kedepan. Demikian disampaikan Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa pada Pemilihan Duta Pariwisata jegeg Bagus Badung 2019, Sabtu (27/4) lalu, di Ballroom Trans Resort Seminyak Kecamatan Kuta kab. Badung.

Hadir dalam acara tersebut, Kadis Pariwisata I Made Badra, Kepala Litbang Wayan Suambara, Kadis Pendidikan Ketut Widia Astika, Kadis Arsip dan Perpustakaan Ni Wayan Kristiani, Ketua Gatriwara Ayu Parwata, Dinas terkait dilingkungan Pemerintah Kabupaten Badung, tim juri dan para kontestan se-Badung.

Wabup Suiasa dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Kabupaten Badung sangat mengapresiasi dengan ajang pemilihan jegeg bagus yang menjadi duta pariwisata Kabupaten Badung nantinya. Dimana pemilihan ini sudah berjalan 15 kali, teriring harapan semoga pelaksanaan ini dapat berjalan obyektif dan yang terpilih merupakan jegeg bagus yang terbaik dari semua peserta yang ikut dalam ajang jegeg bagus tahun 2019.

Kegiatan jegeg bagus ini sejalan dengan upaya pemerintah kabupaten Badung dalam membangun manusia seutuhnya yang sehat jasmani dan rohani, berahlak serta berbudi pekerti yang luhur. “Mengingat Kabupaten Badung sebagai destinasi Pariwisata nasional bahkan dunia, tentunya sangat membutuhkan duta-duta patiwisata yang elegan, ramah tamah, menarik dan cerdas serta memahami berbagai kearifan lokal yang kita miliki, jegeg bagus juga dituntut memiliki kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional termasuk kecerdasan spiritual” ucapnya.

Baca Juga :
Usung Kearifan Lokal, DPD PDIP Bali Gelar 'Lomba Desain Kreasi Busana Adat Ke Kantor Pakem Bali'

“Besar harapan kami, melalui ajang seperti ini akan lahir duta-duta pariwisata Badung dan Bali dan memberi pengaruh positif yang dapat mengetoktularkan kepada kaum melinial untuk menjadi sumberdaya manusia yang handal, berkualitas, kompetitif, dengan memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang luas dan berbudaya untuk membangun Badung yang kuat dan sejahtera. Kami berharap Dinas Pariwisata dan Dinas terkait di Pemerintah Kabupaten Badung dapat melaksanakan kegiatan ini secara berkelanjutan dan dapat melibatkan para jegeg bagus ini pada berbagai kegiatan promosi baik skala lokal, regional maupun internasional” imbuhnya.

Sementara itu Kadis Pariwisata Kab. Badung selaku ketua panitia I Made Badra dalam laporannya mengatakan pemilihan Duta Pariwisata (jegeg bagus) Kab. Badung 2019 merupakan putra putri Badung terbaik yang mewakili masing-masing Kecamatan se-Badung, diikuti oleh 87 orang terdiri dari SMA/SMK, Perguruan Tinggi yang ada di Kabupaten Badung, dan utusan dari STT se-Badung. Tahapan seleksi ditetapkan sebanyak 10 pasang finalis. Seleksi dilaksanakan dengan materi, Indah ( Beauty), Cerdas (Smart), Hospitable (ramah) dan Charming (menarik). Metode seleksi melalui tes tulis, wawancara dan ketrampilan khusus.

Yang terpilih Pada pemilihan duta pariwisata ( jegeg bagus) Kabupaten Badung 2019 yaitu : sebagai juara pertama jegeg Badung 2019 kontestan no urut 14 Ni Putu Ira Suastini dan Bagus Badung 2019 terpilih kontestan no urut 05 I Made Adi Sanjaya. Untuk runnerup I jegeg Badung 2019 diraih no. Urut 20 Ni Putu Devi Nitasari, runnerup I Bagus Badung 2019 no urut 01 atas nama Gd. Bagus Ivan Suardika Debel, runnerup II jegeg Badung diraih kontestan no urut 18, yaitu Niluh Komang Megayanti, runnerup II Bagus Badung diraih no urut 03 atas nama I Komang Heryawan Trilaksana dan sebagai runnerup III jegeg Badung diraih oleh kontestan no urut 16 yaitu Ni Putu Indah Berliana dan Runnerup III Bagus Badung diraih oleh no urut 07 I Gede Satwika Prayana.

Baca Juga :
Bupati Suwirta Buka Bimtek Peningkatan Kapasitas Perbekel se-Kabupaten Klungkung Tahun 2022

Adapun tim penguji yaitu : Prof. DR.I Yoman Darma Putra, M.Litt., DR. Ni Made Eka Mahadewi, S.Pi.,M.Si., Ni Nyoman Ayu Andriani, SH, MH., Komang Rahayu Indrawati, S.Pi, M.Si., DR. dr. Dyah Pradnyaparamita Duarsa, MM, M.Si., Putu Suprapti Santy Sastra, Prof. SH,CHt. Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Badung, Anak Agung Gede Agung Rahma Putra, S.Sn.,M.Sn., Ni Wayan Pratiwi Dewanti.

Editor : Sutiawan

Leave a Comment

Your email address will not be published.