Konsulat-Jenderal Australia Membuka Island Tourism Forum di Lombok

Avatar
ads

Konsulat-Jenderal Australia Membuka Island Tourism Forum di Lombok

Balinetizen, Mataram

Konsulat-Jenderal Australia, Bali menyelenggarakan Island Tourism Forum di Mataram, Lombok pada tanggal 29-30 April 2019. Forum ini mempertemukan pemerintah, akademisi, bisnis, LSM dan masyarakat untuk berbagi pengalaman, mendorong kemitraan dan mengesplorasi berbagai kemungkinan investasi dan komersial.

Island Tourism Forum (ITF) dibuka secara resmi pada hari Senin, 29 April oleh Konsul-Jenderal Australia, Dr Helena Studdert dan Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat, Dr Zulkieflimansyah. Pidato dari Menteri Pariwisata Indonesia, Bapak Arief Yahya disampaikan kepada peserta Forum melalui pesan video.

Dalam sambutan pembukaannya, Dr Helena Studdert mengatakan, ‘Forum ini diinspirasi oleh semakin meningkatnya ketertarikan warga negara dan kalangan bisnis Australia dalam sektor pariwisata di Lombok. Penandatanganan Perjanjian Kemitraan Komprehensif Indonesia-Australia (IA-CEPA) di bulan Maret 2019 merupakan tonggak sejarah dalam membangun investasi dan perdagangan dua arah.

‘Saya menyambut baik ketertarikan yang ditunjukkan oleh pemerintah dan bisnis-bisnis Australia dalam membantu membangun potensi Lombok dan saya sangat antusias untuk memperkuat kerjasama dan kolaborasi dengan mitra kerja kami dan orang-orang di Australia,’ kata Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat, Dr Zulkieflimansyah.

Menteri Pariwisata Indonesia, Bapak Arief Yahya, menyampaikan dalam pesan videonya: ‘Forum ini menyediakan platform yang berharga bagi perwakilan-perwakilan pemerintah, bisnis dan akademisi dari Indonesia dan Australia untuk mendiskusikan berbagai kemungkinan meningkatkan kerjasama dalam pemberian pelayanan pariwisata dan pendidikan’.

Para peserta forum akan mengikuti serangkaian presentasi pembicara utama, diskusi panel, lokakarya dan kesempatan meluaskan jaringan.

Pembicara-pembicara utama, panelis dan penyaji lokakarya termasuk akademisi dari Universitas Tasmania, Universitas Mataram, Universitas Sunshine Coast, Politeknik Pariwisata Lombok, Universitas Murdoch, Universitas Monash dan Universitas Sydney. Wakil Menteri Bidang Pemasaran dari Kementerian Pariwisata Indonesia dan Kepala Bagian Investasi dan Pemasaran PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC Mandalika) juga menjadi pembicara tamu.

Baca Juga :
Djournal Coffee Opens First Standalone Outlet in Petitenget, Bali

ITF di sponsori oleh Jetstar, Tourism Western Australia, Virgin Australia, Australia Awards Indonesia, PT Autore Pearl Culture, Selong Selo Resort and Residences, Bali Hai Cruises, Hotel Santika Mataram dan Wonderful Indonesia. Mitra Forum termasuk Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat, Australia Indonesia Business Council (AIBC), Sustainable Skills, TRAVLR, Horwath HTL, Ecolodges Indonesia, Pilar Indonesia, Plastic Collective dan Hidden Paradise.

Island Tourism Forum juga menyelenggarakan pameran kecil yang menampilkan karya dan program-program kelompok masyarakat lokal dan lembaga non-profit yang didukung oleh Program Dana Bantuan Langsung Konsulat-Jenderal Australia.

Editor : Sutiawan

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may like

Hot Videos
In the news
Load More
ads