Bupati Giri Prasta Serahkan Bantuan 900 Juta untuk Desa Adat Taman

Bupati Badung Nyoman Giri Prasta menyerahkan bantuan saat menghadiri Karya Pitra Yadnya, Nyekah Kurung Kinembulan Jumat (3/5) di Lapangan Desa Taman Kecamatan Abiansemal

Balinetizen, Badung

Krama Desa Adat Taman, Kecamatan Abiansemal melaksanakan Karya Pitra  Yadnya, Nyekah Kurung Kinembulan. Rangkaian upacara tersebut dihadiri Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, Jumat (3/5) lalu di Lapangan Desa Taman. Mendukung karya tersebut, Bupati Giri Prasta menyerahkan dana upakara sebesar Rp. 900 juta. Hadir mendampingi Bupati, anggota DPRD Badung I Nyoman Dirgayusa, Tokoh Masyarakat I Bagus Alit Sucipta, Kadisbud IB Anom Bhasma, Kabag Humas Putu Ngurah Thomas Yuniarta, Camat Abiansemal IGN Suryajaya beserta Tripika Kecamatan.

Bendesa Adat Taman, I Made Kupasada didampingi Ketua Panitia, Bagus Putu Suparta menyampaikan terima kasih atas kehadiran Bupati Badung sekaligus membantu secara penuh pelaksanaan karya nyekah ini. Bantuan dari Bupati Badung ini sangat meringankan beban masyarakat Taman. Selain mendukung karya nyekah, program Bupati Badung sudah sangat dirasakan masyarakat. “Atas program dari Pemkab Badung, kemajuan pembangunan di Taman sangat dirasakan masyarakat,” imbuhnya.

Terkait karya dijelaskan, sesuai dwngan agenda desa adat, karya nyekah bersama ini dilaksanakan setiap 5 tahun sekali. Bila sawa sudah melebihi dari 25 sawa, nyekah boleh diambil pada tiga tahun. “Nyekah kali ini diikuti sebanyak 65 sawa, sehingga dapat dilaksanakan di tahun ketiga,” imbuhnya. Mengenai rangkaian karya telah dimulai sejak 4 April lalu. Sementara Puncak karya nyekah bertepatan dengan rahina tilem desta, Sabtu (4/5). Pada puncak karya diawali dengan upacara ngulapin, raja sewala/raja singa, mendak tirta ning, murwa daksina. Dilanjutkan mesangih, mepetik/telubulanan, pengaskaran dan prelina. Besoknya, Minggu (5/5) nyegara gunung ke Goa Lawah, mepamit ring peyadnyan, kahyangan tiga dan nilapati. Nyekah diikuti sebanyak 65 sawa, mesangih 53 orang, mepetik lan metelubulanan 46 orang dan 37 orang meraja sewala.

Baca Juga :
Pesawat uji Boeing 737 MAX terbang di China

Bupati Giri Prasta merasa bangga berkaitan dengan karya nyekah bersama yaitu atiwa-tiwa, atma wedana dan sarwa prakerti. Hal ini telah sejalan dengan prioritas program pembangunan Pemkab Badung dalam upaya melestarikan seni, adat, agama dan budaya. Bupati juga menyampaikan secara umum proses nyekah, dimana ada upacara murwa daksina dengan menggunakan sapi hitam (selem) sebagai lambang linggih betara Siwa yang mengantarkan atma menuju surga. Meajar-ajar ada empat tempat yang disebut catur loka pala yaitu Barat ke Batukaru, Utara ke Beratan, Selatan ke Uluwatu, Timur ke Goa Lawah. Setelah selesai meajar-ajar, kembali ke bale peyadnyan, ke siwa, pura khayangan tiga dan merajan/rong tiga rumah masing-masing disebut Dewa Pretista. “Kami harapkan upacara nyekah ini dilaksanakan berdasarkan atas sastra-sastra agama hindu,” harapnya.

Mengenai pembangunan di desa Taman, baik Pura khayangan tiga, hingga pura dadia dan fasilitas publik lainnya siap didukung Pemkab Badung. Kedepan, di Taman akan dihidupkan sektor ekonomi, dengan menggerakkan ayam pedaging, dan koloni babi. Pasar desa adat Taman juga siap ditata.

Editor : Sutiawan

Leave a Comment

Your email address will not be published.