Wabup Kembang Bantu Disabilitas Sembako dan Kursi Roda

Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan turun langsung bersama istri dan kedua anaknya mengunjungi kediaman I Ketut Warta (58), warga Banjar Benel, Desa Manistutu, Kecamatan Melaya, Minggu (5/5).

Balinetizen, Jembrana

Perhatian Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan kepada warganya yang kurang beruntung, ditunjukkan dengan mengunjungi mereka yang masih tergolong keluarga miskin. Minggu (5/5), Wabup Kembang turun langsung bersama istri dan kedua anaknya mengunjungi kediaman I Ketut Warta (58), warga Banjar Benel, Desa Manistutu, Kecamatan Melaya. I Ketut Warta menderita lumpuh karena terjatuh dari pohon cengkeh .Pasca musibah itu, kakinya tidak bisa digerakkan hingga sekarang. Mengetahui kondisi warganya itu, Wabup Kembang turun langsung didampingi Kadis Sosial Jembrana dr I Made Dwipayana serta Camat Melaya I Putu Gede Oka Santika, menyerahkan bantuan kursi roda dan sembako.

Masih dibanjar Benel, Wabup Kembang juga mengunjungi tiga warga lainnya yang termasuk kk miskin yakni, Gusti Putu Cakra (60) yang menderita lumpuh sejak lahir, Nengah Suitra (55) yang juga lumpuh karena kecelakaan kerja saat mencari batu di sungai, dan Komang Suarna (50) yang menderita keterbelakangan mental. Selain di Banjar Benel, Wabup Kembang juga menyerahkan sembako kepada warganya yang berada di Banjar Pasatan, Nyoman Westri.

Tidak hanya kursi roda dan sembako yang merupakan bentuk perhatian dari pemerintah daerah, secara pribadi, Ia juga menyerahkan sejumlah uang tunai yang diserahkan secara langsung saat itu. Bantuan itu dimaksudkan Wabup Kembang membantu mereka yang kurang mampu mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Kunjungan saat itu juga mengajak dokter untuk memeriksa kondisi warganya. Tidak hanya bentuk perhatian, tapi untuk mengetahui secara dekat kesehatan para lansia dan disabilitas. Wabup ingin berkomunikasi bersama segenap anggota keluarga mereka sehingga dukungan itu yang diharapkan berdampak positif bagi kesehatan lansia dan disabilitas.

Baca Juga :
Luhut: 11 Kabupaten/Kota Di Jawa-Bali Masih Terapkan PPKM Level 4

Wabup Kembang juga berharap, bantuan kursi roda dan sembako ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh penerima bantuan dan mampu membantu keluarga Warta serta warga lainnya.

“Saya harap bantuan ini dapat meringankan beban warga. Membantu mereka sehari untuk membiasakan diri bergerak. Juga untuk memudahkan keluarga sehari hari merawat maupun jika akan dibawa untuk berobat,” terang Kembang Hartawan seusai menyerahkan bantuan kursi roda.

Selain kursi roda dan sembako, perhatian pemerintah terhadap keberadaan KK miskin yang tengah cacat juga sebelumnya telah diwujudkan dengan berbagai bantuan . Dijelaskan Kadis Sosial Pemkab Jembrana, dr I Made Dwipayana para keluarga miskin yang kurang beruntung itu telah dilengkapi dengan bantuan lainnya dari pemerintah seperti JKN KIS untuk kelas III . Selain itu, dua keluarga atas nama Gusti Putu Cakra dan Ni Nyoman Westri juga telah mendapatkan Katu keluarga sejahtera (KKS) yang merupakan bantuan dari kementerian sosial. Ni Nyoman Westri ini juga sudah mendapatkan bantuan PKH dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang diterima cucunya“ Yang lain , karena kelayakan telah memenuhi, segera akan kami usulkan untuk mendapatkan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) kepada pemerintah pusat,” papar Dwipayana. (humas jembrana)

Editor : Sutiawan

Leave a Comment

Your email address will not be published.