Makin Sering Erupsi, PVMBG Himbau Tak Ada Lagi Yang Nekat Mendaki

Foto: kepala pos pengamatan gunung agung, Dewa Made Merthe Yasa 
Gunung Agung di Karangasem, kembali erupsi pada Senin (6/5) pukul 22.55 Wita. PVMBG merilis,  Letusan disertai percikan lava pijar, dan kolom abu membungbung setinggi 2000 meter.
Kepala Pos Pengamatan Gunung Agung, Dewa Made Merthe Yasa mengungkapkan, masih ada potensi letusan susulan. “Mengingat sistem pipa magma gunung agung yang sudah terbuka, tak perlu kegempaan,Gunung Agung dapat erupsi,” ungkap Dewa Merthe.
Maka dari itu, ia mengungkapkan, agar masyarakat tak ada yang beraktifitas di radius zona bahaya yang ditetapkan, yaitu 4 km dari Gunung Agung. “Jangan lagi ada yang nekat mendaki,” tandasnya tegas.
Terkait erupsi susulan, Dewa Merthe mengungkapkan, gunung api dalam status siaga, erupsi susulan besar kemungkinan terjadi. “Namun untuk erupsi yang sifatnya berkekuatan besar, belum ada tanda,” ungkapnya.
Dirinya menghimbau, agar masyarakat tetap tenang, dan mengikuti arahan pihak terkait. Untuk masyarakat luas agar selalu menyediakan alat mitigasi khusunya masker. ” Mengingat potensi bahaya luasnya adalah abu vulkanik yang mengikuti arah angin,” tutup Merthe Yasa.
Pewarta : Made Yunda
Baca Juga :
Setelah Babak Belur Dihajar Massa, Pelaku Pencurian Sepeda Motor di Amankan Polsek Singaraja

Leave a Comment

Your email address will not be published.