Targetkan Nilai SAKIP A , Sekda Dewa Indra Dorong Jajarannya Kerja Lebih Keras Lagi

Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra menghadiri serta memberikan pengarahan dalam acara Penguatan Komitmen SAKIP Pemerintah Provinsi Bali di Ruang Rapat Jempiring, Bappeda Litbang Provinsi Bali, Rabu (8/5).

Balinetizen, Denpasar

Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra menghadiri serta memberikan pengarahan dalam acara Penguatan Komitmen SAKIP Pemerintah Provinsi Bali di Ruang Rapat Jempiring, Bappeda Litbang Provinsi Bali, Rabu (8/5).

Dalam arahannya didepan para Kepala OPD Pemprov Bali, Sekda Dewa Indra mendorong jajarannya untuk bekerja lebih keras lagi  dalam upaya menaikkan nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Meskipun nilai SAKIP Pemprov Bali dari tahun 2015-2018 mengalami peningkatan namun masih berada pada level BB, untuk itu  perlu kerja keras dari semua OPD untuk menggerakkan nilai SAKIP ke level yang lebih tinggi.  “Semua OPD harus bekerja sungguh sungguh dan penuh keyakinan, perbaiki kekurangan yang ada. Kita komitmen bersama di Tahun berikutnya raihan nilai SAKIP kita bisa mencapai nilai A, “ imbuhnya.

Sekda Dewa Indra juga mengingatkan jajarannya untuk berpedoman pada pohon kinerja dan rancangan yang telah disusun dan disesuaikan dengan RPJMD yang ada, mengingat SAKIP merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja, yang diselaraskan  dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan. Program-program direncanakan sejak awal, dengan target dan ukuran yang jelas kemudian dijabarkan dalam rencana-rencana pecahan di bawahnya untuk menjadi program yang bisa dievaluasi dan dampaknya terasa di masyarakat. Dengan kerja keras dan kesungguhan dalam bekerja, Dewa Indra  optimis  nilai SAKIP bisa bergerak naik.

Sementara itu, Kepala Biro Organisasi Pemerintah Provinsi Bali I Wayan Serinah dalam laporannya menyampaikan bahwasannya Pemerintah Provinsi Bali telah melakukan perbaikan sistem manajemen kinerja di Tahun 2018. Perbaikan dilakukan dengan menyempurnakan rumusan tujuan dan sasaran yang berorientasi hasil serta indikator serta penyusunan pohon kinerja untuk menggambarkan hubungan kausalitas jenjang kerja. Kedepannya di tahun 2019, Pemprov Bali akan mengambil sejumlah langkah strategis dalam upaya peningkatan nilai SAKIP diantaranya dengan perbaikan sasaran dan indikator kinerja serta pohon kinerja sehingga menjadi rujukan perencanaan, pengintegrasian sistem perencanaan, anggaran, kinerja maupun penilaian individu serta memaksimalkan evaluasi internal SAKIP perangkat daerah di lingkungan Pemprov Bali.

Baca Juga :
Bupati Giri Prasta Tinjau Pemanfaatan Akses Free Wifi di Desa Adat Bindu, Apresiasi "Bindu Experience" Contoh Nyata Penerapan Smart City Dalam Level Impact

Editor : Sutiawan

Leave a Comment

Your email address will not be published.