Abrasi Pesisir Pantai di Gianyar Semakin Mengkhawatirkan

Keterangan Foto : Kondisi Pantai Masceti Gianyar

Balinetizen, Gianyar

Pesisir pantai di Kabupaten Gianyar, khususnya bagian wilayah pantai Siyut, Lebih, Cucukan, Masceti dan sekitarnya sedikit demi sedikit mengalami abrasi atau pengikisan pantai oleh gelombang air laut yang sangat merusak.

Hal ini terlihat di salah satu kawasan pantai yakni di Pantai lebih dimana air laut bahkan sudah menyentuh tanggul dan bahkan seringkali air meluap ke areal jalanan di sekitarnya, bahkan di Pantai Masceti juga mendekati tanggul.

Salah satu pedagang yang juga masyarakat pesisir Pantai Masceti Gianyar Made Merta mengungkapkan bahwa abrasi ini sudah cukup mengkhawatirkan baginya dan masyarakat pesisir pantai lainnya, Merta menyatakan bahwa kondisi pantai di Masceti sangat jauh berbeda dengan kondisi dulu dimana air laut masijh jauh di tengah dan pantai masih luas.

“Kami masyarakat pasti khawatir, dulu tidak begini. Dulu saya lihat air laut masih agak jauh berada di tengah, pantai juga dulu masih terlihat luas. Tapi sekarang bahkan air sudah mencapai tanggul kalau di kondisi tertentu,” ujarnya, Rabu (8/5).

Terpisah, Kepala BPBD Kabupaten Gianyar Oka Digjaya menerangkan bahwa sudah terdapat beberapa tindakan atau penanganan yang dilakukan, salah satunya adalah pembuatan tanggul di pesisir pantai.

“Lebih lanjut sudah ditangani balai, sehingga ada tanggul yang dibuat seperti itu,” ucapnya.

Oka Digjaya menyebutkan bahwa pemantauan dan kondisi pantai ditangai oleh Pemkab Gianyar.

“Sepanjang pantai menjadi pemantauan Pemkab Gianyar,” katanya.(ctr).

Baca Juga :
Polda Metro Jaya gerebek pabrik kosmetik ilegal di Jatiasih

Leave a Comment

Your email address will not be published.