Pemkab Badung Dukung Kerjasama antara Garuda dengan PWA Korea

Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa saat menghadiri acara penandatanganan Kontrak Kerjasama antara Pan World Asia dan Garuda Indonesia, Sabtu (27/4) lalu di Hotel Crytal, Kuta

Balinetizen, Badung

Pemerintah Kabupaten Badung sangat mendukung hubungan kerjasama yang dilakukan oleh pihak Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia dengan Pan World Asia (PWA) Korea. Melalui kerjasama ini tentunya akan mampu mendongkrak kunjungan wisata Korea ke Indonesia khususnya Bali dan Badung, begitu pula sebaliknya. Dukungan tersebut disampaikan langsung Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa saat menghadiri acara penandatanganan Kontrak Kerjasama antara Pan World Asia dan Garuda Indonesia, Sabtu (27/4) lalu di Hotel Crytal, Kuta. Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan Korea khususnya untuk mensuport hotel-hotel dan atraksi wisata yang ada di wilayah Badung.

Selain Wabup. Suiasa, acara tersebut dihadiri pula, Suh Sung Jin selaku CEO PWA, Jin Changkwon PWA General Manager of USA, Shin Seungho, PWA Accounting Manager, Kim Miseon PWA Business Development, Kim Jiyun PWA Business Development, Joo Min PWA Partner Company CEO dan Chi Mose PWA Partner Company Director, A.A. Bagus Mutiara Arsana Putra Perwakilan PWA-Bali. Dari pihak Garuda, hadir Vonny Francisca SM Regional Bussines Development Jawa, Bali Nusra beserta Manajemen Garuda.

Dalam sambutannya Wabup. Suiasa mengatakan, Pemerintah Kabupaten Badung memberikan apresiasi atas terlaksananya suatu bentuk kerjasama usaha antara badan usaha milik negara yaitu Garuda Indonesia dengan pihak PWA Korea. Kegiatan ini merupakan hasil peran serta dari semua pihak termasuk Pemerintah Kabupaten Badung. “Atas nama Pemkab Badung menyambut baik dan mendukung adanya niatan dari pihak PWA Group bersama Garuda Indonesia untuk bersama-sama mempromosikan kepariwisataan kita di Bali,” terangnya.

Baca Juga :
Pesimis Jalur Perseorangan Pilkada Karangasem 2020

Diakui memang Pemkab. Badung telah berupaya memediasi proses kerjasama PWA group dengan Garuda Indonesia dimana sudah berlangsung 2 bulan lebih dan baru kali ini dapat dilakukan perjanjian ini. “Tentunya kami Pemkab Badung selalu ada di tengah-tengah kedua belah pihak karena memang pertemuan antara kedua belah pihak merupakan hasil mediasi kami dalam rangka selalu untuk membangun kepariwisataan kita, baik sifatnya berkesinambungan karena itu komitmen kita bersama. Terlebih lebih kewajiban dan tugas kami di pemerintah selalu mengembangkan dan mempertahankan tingkat kepariwisataan kita di Bali,” tambahnya.

Diakui bahwa kepariwisataan di Bali penuh dengan kendala dan hambatan baik sifatnya internal dan eksternal. Untuk itu harus sungguh-sungguh berkomitmen dan tidak pernah henti-hentinya berupaya agar kepariwisataan di Bali bisa bertahan. “Kita sadar betul bahwa membangun daerah Bali khususnya Badung demikian juga di negara Indonesia pendapatan devisa di sektor pariwisata merupakan sektor andalan kedua setelah sektor migas. Karena itu mau tidak mau semua pihak di Indonesia khususnya di daerah kita di Bali dan Badung harus selalu bergerak, menggerakkan sektor pariwisata dengan sebaik baiknya,” terangnya. Menurutnya, bentuk kerjasama antara PWA group dan Garuda  ini adalah cara efektif dan produktif dalam menggerakkan pariwisata di Kabupaten Badung. Suiasa berharap jalinan kerjasama ini dapat berjalan berkelanjutan antara dua belah pihak serta memberikan imbas yang baik pada pembangunan masyarakat melalui pembangunan pariwisata yang terintegrasi dan bersinergi.

Suh Sung Jin, CEO PWA merasa terhormat dapat hadir pada acara yang penuh makna diadakan di Bali ini. Ia juga menyampaikan penghargaan yang mendalam kepada semua peserta, khususnya kepada Bapak Wakil Bupati Badung. PWA bangga menjadikan GSA dari maskapai penerbangan terkemuka Indonesia, Garuda Indonesia. Seperti  diketahui, Garuda Indonesia telah menerima banyak penghargaan seperti kelas ekonomi top dunia, dan pramugari terkemuka dunia dari organisasi terkenal. “Menjadi mitra Garuda Indonesia adalah kesempatan besar bagi kami karena kami dapat berkontribusi dalam pengembangan kedua belah pihak melalui kerjasama,” katanya.

Baca Juga :
Menko Luhut pastikan WNA masuk RI sesuai prosedur standar dunia

PWA akan mulai mengoperasikan rute penumpang dan kargo Incheon-Bali, Incheon-Jakarta dengan Garuda Indonesia mulai Juli. Ia yakin ini akan menjadi peluang besar untuk mempromosikan pengembangan pariwisata di Indonesia khususnya Kabupaten Badung dan Korea secara bersamaan. Selanjutnya, PWA akan memperluas layanan ke Amerika Serikat tahun ini. Kami sedang mempersiapkan untuk meluncurkan rute LAX ke PUS. Karenanya, Garuda Indonesia dan PWA kedua belah pihak akan dapat meluncurkan rute eksklusif dari Bali ke Pusan ​​dan Pusan ​​ke Los Angeles juga.

Ini akan dapat menarik penumpang dan konsumen transit Asia Tenggara di provinsi Gyeongnam, Korea. Daerah Gyeongnam adalah wilayah yang sangat luas karena Pusan ​​termasuk dalam wilayah ini. “Dari ekspansi kami akan dapat menarik lebih banyak wisatawan dari pasar outbound Korea. Selain itu, wisatawan Indonesia akan memiliki lebih banyak pilihan untuk bepergian ke Korea. Kami berharap dapat melihat pertumbuhan fenomenal PWA di pasar Indonesia dan Korea,” tambahnya. Dibagian akhir ia mengharapkan kerjasama ini akan menjadi kesempatan berharga untuk mengeksplorasi cara-cara menjalin ikatan kerjasama yang kuat dengan Garuda Indonesia, Kabupaten Badung dan konsorsium hotel.

Vonny Francisca, SM Regional Business Development Jawa Bali Nusra, atas nama Garuda Indonesia menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Badung yang telah berkenan memfasilitasi pertemuan antara pelaku bisnis pariwisata di Bali dengan patner PWA dan para pelaku perhotelan dan pariwisata di Bali. Inisiatif Pemda Badung dalam menjembatani komunikasi antara Garuda Indonesia, Konsorsium hotel Korea dan Pan World Air merupakan suatu inisiatif yang patut diapresiasi, bukti nyata pemerintah tidak tinggal diam dalam membantu pengembangan ekonomi khususnya dalam dunia usaha industri kepariwisataan. Besar harapannya pertemuan bisnis seperti ini akan berlangsung rutin untuk memperkuat pola komunikasi dan koordinasi antar pelaku bisnis pariwisata di Bali. “Jadi Garuda Indonesia selaku maskapai penerbangan milik negara, memiliki suatu mandat yang terus melekat yakni untuk selalu menjadi penggerak roda perekonomian di setiap kota tujuan penerbangan Garuda Indonesia salah satunya ke Korea. Pertemuan ini juga akan sangat menudahkan kami dalam melaksanakan mandat tersebut,” sebutnya.

Baca Juga :
Presiden Jokowi Tetapkan Pansel Capim KPK Masa Jabatan 2019-2023

Pada tanggal 30 Maret 2019 lalu, kerjasama ini ditindaklanjuti dengan penandatanganan perjanjian kerjasama antara PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. dengan PAN World Air INC tentang perjanjian kerjasama atas pembelian tiket pesawat udara dan cargo dengan metode hardblock.

Editor : Sutiawan

Leave a Comment

Your email address will not be published.