Wabup Kembang Apresiasi Semangat Kolektif Ngaben Massal

Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan saat menghadiri ngaben massal Griya Megati bertempat di Pasraman Santhi Yadnya Banjar Tegalasih Desa Batuagung, Kecamatan Jembrana.

Balinetizen, Jembrana

Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan mengapresiasi semangat kolektif dalam pelaksanaaan ngaben massal Griya Megati bertempat di Pasraman Santhi Yadnya Banjar Tegalasih Desa Batuagung, Kecamatan Jembrana.

Wabup Kembamg yang hadir dalam puncak karya Kamis (9/5), mengungkapkan rasa bahagianya atas digelarnya ngaben massal ini sebagai salah satu pelaksanaan pitra yadnya yang di gelar oleh Griya Megati Jembrana. “Ngaben massal bentuk pelunasan hutang kepada leluhur dan telah didasari oleh sastra agama. Saya menyambut baik kegiatan ini agar terus dilanjutkan ” Kata Wabup Kembang.

Dikatakan Wabup Kembang, pelaksanaan Ngaben massal selama ini telah terbukti meringankan biaya yang mesti ditanggung krama. Untuk itu pelaksanaan ngaben massal ini akan diadakan di masing-masing kecamatan se-Jembrana.

“Saya juga apresiasi pelaksanaan ngaben massal ditempat ini sangat bersih. Ini tentu berkat kerja keras panitia dan kesadaran krama yang tidak hanya mensukseskan karya tetapi telah sadar bersama sama menjaga kebersihan lingkungan,” Sebut Wabup Kembang.

Ia juga berharap agar pemedek dan krama yang ikut ngaben selalu menjaga kesehatan. ‘Untuk tetap sehat masyarakat dapat manfaatkan program pemerintah menggunakan kartu Indonesia sehat (KIS). Kartu ini sudah diberikan oleh pemerintah untuk menjaga kesehatan,”papar Wabup Kembang.

Pada kesempatan itu, untuk meringankan beban pelaksanaan upacara, selaku Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan atas nama pemerintah daerah Kabupaten Jembrana menyerahkan bantuan senilai Rp.5 juta

Ketua Panitia Pelaksanaan memukur massal, AA Gede Antara Kusuma mengatakan rangkaian pelaksanaan telah dimulai sejak 28 April sampai 13 Mei. Peserta kali ini cukup banyak yakni untuk tingkatan mungkah 13 keluarga, mukur 71 keluarga dan ngelungah 69 keluarga.

Baca Juga :
Geliat Kapolsek Singaraja Yudistiral Pengamanan Hari Raya Idul Adha, AKB, Operasi Patuh Dan Aman Nusa

Adapun biaya yang disepakati lanjutnya, untuk mungkah Rp.5 juta, mukur Rp.2.5j juta dan ngelungah hang terkecil sebesar Rp 500 ribu.

Dikesempatan itu, Antara Putra mewakili krama menyampaikan rasa terimakasihnya atas kehadiran Wabup Jembrana I Made Kembang Hartawan termasuk atas tempat yang sudah bisa digunakan untuk ngaben massal ini kepada Griya Braban selaku pemilik tempat.

Puncak karya pengabenan massal ini yang juga dipuput oleh Ida Perande Gede Megati. Puncak karya juga turut dihadiri Ketua DPRD Jembrana I Ketut Sugiasa , Dandim 1617/ Jembrana Letkol Djefri Marsono Hanok.Asisten III Ketut Kariadi Erawan , Ketua PHDI kabupaten Jembrana I Komang Arsana.serta , panglingsir Griya Braban I Gusti Agung Ketut Surya wantara.(Adi/humas)

Editor : Sutiawan

Leave a Comment

Your email address will not be published.