Kodim 1609/Buleleng Duta Kodam IX/Udayana Lomba Binter Tingkat Pusat

Tim Penilai Lomba Pembinaan Teritorial (Binter) tingkat Komando Distrik Militer (Kodim) dari Pusat Teritorial Angkatan Darad (Pusterad), mengunjungi Kodim 1609/Buleleng.

Balinetizen, Buleleng

Tim Penilai Lomba Pembinaan Teritorial (Binter) tingkat Komando Distrik Militer (Kodim) dari Pusat Teritorial Angkatan Darad (Pusterad), mengunjungi Kodim 1609/Buleleng. Mengingat Kodim 1609/Buleleng dipercaya sebagai duta Kodam IX Udayana dalam ajang lomba Binter.
Dalam kunjungannya ini, Ketua tim penilai lomba Binter, Kolonel (Armed) Dedi Nurhadiman, SIP didampingi 2 orang Perwira Menengah (Pamen) yakni Letkol Inf Hipni Maulana. F dan Mayor Inf Endri Misnardi pendamping Letkol Kav I Nyoman Salindra Pabandya Puanter Sterdam IX/Udayana, disambut langsung Dandim 1609/Buleleng Letkol Inf Verdy De Irawan. S.H. M.Tr (Han ). Tampak hadir juga Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana. S.T. Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna.S.H. serta para SKPD, Tokoh Agama Jero Bawati Hermawan serta undangan lainnya.
Pada kesempatan ini, Ketua tim penilai lomba Binter, Dedi Nurhadiman menjelaskan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan lomba Binter, adalah untuk mengevaluasi sejauh mana pelaksanaan Binter yang dilakukan Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) khususnya di Kodim 1609/Buleleng. Artinya bagaimana implementasi di lapangan terhadap program yang sudah dilaksanakan Kodim. ”Implementasinya ini, akan kita nilai sampai sejauh mana persentasi yang dilakukannya selama bertugas,” ujarnya secara tegas, Senin (13/5) di Makodim 1609/Buleleng.
Lebih lanjut dikatakan disamping itupula, untuk menciptakan suatu ketahanan kepada rakyat, melalui program yang dilaksanakan bekerja sama dengan Forkompimda dan tokoh masyarakat di wilayahnya. Sehingga nantinya dapat menciptakan kemanunggalan TNI dengan rakyat.”Perlu disampaikan bahwa terdapat perbedaan penilaian terhadap pelaksanaan Binter tingkat Kodim dari tahun sebelumnya. Dimana kalau tahun lalu menggunakan klasifikasi utama, madya dan pratama. Namun untuk di Tahun 2019 ini, penilaiannya terbagi menjadi 4 tipe klasifikasi Kodim, diantaranya klasifikasi A, B, C dan D.” urai Dedi Nurhadiman.“Untuk klasifikasi Kodim tipe A merupakan Kodim yang wilayah Ibu Kota Negara dan Ibu Kota Provinsi, Klasifikasi B meliputi Kodim wilayah Kabupaten dan Kota, Klasifikasi C meliputi Kodim wilayah perbatasan Negara dan pulau terluar, Klasifikasi D meliputi Kodim wilayah daerah rawan.” Jelasnya lagi.
Iapun mengungkapkan penilaian Binter ini sudah dilakukan secara bertahap dari tingkat Korem. Sedangkan Kodim 1609/Buleleng sendiri menjadi wakil dari Kodam IX/Udayana dalam lomba tingkat pusat.”Ini kan salah satu Kodim terbaik yang dinilai, dan akan menjadi contoh bagi Kodim yang lain serta untuk memotivasi Kodim lainnya,” ucap tegas Dedi Nurhadiman.
Menurutnya beberapa aspek yang dinilai terkait pembinaan teritorial, antara lain pemetaan wilayah, komukasi sosial, pembinaan satuan, dan Bhakti TNI. Dan yang tidak kalah penting juga, pola komunikasi yang dibangun dengan pemerintah daerah dan Forkompimda, serta dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Baca Juga :
Kasus Melandai, Sebanyak 145 Orang Sembuh Covid-19 di Kota Denpasar

Pewarta : Gus Sadarsana

Leave a Comment

Your email address will not be published.