Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta Pimpin Aksi Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik

Avatar

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Ny. Ayu Suwirta memimpin aksi perburuan sampah plastik di Pantai Batu Lepang desa Gelgel

Balinetizen, Klungkung

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Ny. Ayu Suwirta memimpin aksi perburuan sampah plastik di Pantai Batu Lepang desa Gelgel. Aksi yang diberi nama Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik ini merupakan program Pemprov. Bali yang dicetus Gubernur Bali Wayan Koster guna memerangi sampah plastik di Bali. Dimulai pukul 7.30 wita Ratusan peserta menyebar disepanjang pantai yang menjadi favorit para peselancar asing ini.

 “ Ini adalah wujud komitmen kita Pemkab Klungkung bersama semua komponen dan masyarakat untuk mendukung program Pemerintah Provinsi dalam memerangi jumlah sampah plastic,” ujar Bupati Suwirta.

Dalam kesempatannya Bupati Suwirta juga memerintahkan supaya semua kantor instansi untuk membuat Bang Daus yaitu Lubang Daur Ulang Sampah. Fungsinya untuk mengolah sampah organik seperti daun daunan, sisa canang  dan makanan  menjadi kompos.  Dengan demikian akan terjadi pengurangan sampah disumber penghasil sampah dan jumlah sampah yang dibuang ke TPA berkurang.

Sementara itu Kadis Lingkungan Hidup dan Pertanahan dalam wawancaranya mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan setiap bulan sekali, sehari setelah malam purnama. Pada aksi kali ini, untuk provinsi Bali dipusatkan di Singaraja, Buleleng, sedangkan untuk di Kabupaten Klungkung dipusatkan di Pantai Batu tumpeng, Desa Gelgel. Ratusan peserta mengikuti aksi ini yang terdiri dari PNS, TNI, POLRI, pelajar stingkat SMA/SMK, warga desa setempat, karang taruna serta PKK. Tidak hanya di Pantai Batu Tumpeng, namun disemua warga diwilayah desa mereka masing masing.HUMASKLK/jim

Editor : Sutiawan

Baca Juga :
Tingkat Partisipasi Publik Jadi Perhatian Khusus Pemilu 2019

Leave a Comment

Your email address will not be published.