Dekranasda Kota Kupang Kunjungi Dekranasda Kota Denpasar, Pelajari Pengembangan IKM/UKM Berbasis Kearifan Lokal

Ket.Foto : Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Kupang. Pada Selasa (28/5) dipimpin oleh Ketua Dekranasda Kota Kupang, Ny. Hilda Manafe mengadakan kunjungan Ke Kota Denpasar dan diterima langsung oleh Ketua Dekranasda Kota Denpasar, Ny. I.A Selly Dharmawijaya Mantra di Gedung Wanita   Santi Graha, Denpasar/MB

(Balinetizen.com) Denpasar –

Keberhasilan pemberdayaan Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kota Denpasar menjadi Industri Kreatif bermuatan budaya lokal yang terpola dengan baik mendapat apresiasi dari sejumlah kalangan. Salah satunya jajaran Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Kupang. Pada Selasa (28/5) dipimpin oleh Ketua Dekranasda Kota Kupang, Ny. Hilda Manafe mengadakan kunjungan Ke Kota Denpasar dan diterima langsung oleh Ketua Dekranasda Kota Denpasar, Ny. I.A Selly Dharmawijaya Mantra di Gedung Wanita   Santi Graha, Denpasar.

Selain mengadakan pertemuan, Dekranasda Kota Denpasar juga turut mengajak serta jajaran Dekranasda Kota Kupang untuk mengunjungi sejumlah sentra- sentra IKM dan UKM di Kota Denpasar, diantaranya Bali Tangi diwilayah Renon, Sekar Jepun di Jl. Sekar Jepun Denpasar, Seniman Patung I Wayan Marya di Br. Anggabaya Penatih Dentim dan juga Rumah Kemasan dan Rumah Belanja Kota Denpasar yang berlokasi di Jl. Melati.

Ketua Dekranasda Kota Denpasar, Ny. I.A Selly Dharmawijaya Mantra menyambut baik kedatangan jajaran Dekranasada Kota Kupang menyambangi Kota Denpasar. “Kami mebuka seluas- luasnya kesempatan serta menyambut hangat rekan- rekan dari daerah lain yang ingin berkunjung mempelajari pengembangan Kota Denpasar yang berwawasan budaya. Untuk diketahui, saat ini Pemerintah Kota Denpasar melalui Dekranasda Kota Denpasar secara konsisiten telah mengembangkan berbagai macam produk IKM dan UKM yang dijiwai oleh muatan lokal dan sumber daya kebudayaan yang diwarisi di Kota Denpasar. Berbagai macam produk seperti Kain Endek, Aksesoris, Produk Pangan, Kosmetik dan lain sebagainya telah dikembangkan secara signifikan di Kota Denpasar” ujar Ny.Selly Mantra.

Baca Juga :
EZVIZ Meluncurkan C3X Kamera Pengawas Lensa Ganda Pertama dengan Color Night Vision dan AI Deep Learning

Lebih lanjut dikatakannya, untuk tetap menjaga kualitas produk- produk tersebut ditengah kuantitas produksinya, Pemerintah Kota Denpasar juga secara berkala terjun langsung memonitoring pengerajin- pengerajin tersebut dan memberikan bimbingan untuk peningkatan kulaitasnya. “Selain dari segi produksi, Pemerintah Kota Denpasar juga membantu pemasaran produk IKM dan UKM tersebut dengan mengajak berpameran ditingkat regional, nasional maupun internasional. Selain itu, Pemkot Denpasar juga telah membangun Rumah Belanja dan Rumah Kemasan yang beralamat di Jl. Melati Denpasar guna membantu meningkatkan kualitas pemasaran produk IKM dan UKM Kota Denpasar” imbuhnya.

Sementara Ketua Dekranasda Kota Kupang, Ny. Hilda Manafe dan jajarannya mengaku senang dapat berkunjung ke Kota Denpasar. “Melihat pengembangan produk IKM dan UKM di Kota Denpasar menjadi Industri Kreatif yang dijiwai oleh kearifan lokal menjadi contoh yang bagus bagi pengembangan sektor IKM dna UKM didaerah kami. Keberhasilan Kota Denpasar menjadi cerminan bagi kami dalam mengembangkan potensi yang ada didaerah kami baik itu disektor pembinaan IKM/UKM, Pariwisata, Kebudayaan dan lain sebagainya. Kami merasa sangat tersanjung dengan sambutan hangat Dekranasda Kota Denpasar dan mengajak kami berkeliling ke sentra- sentra IKM/UKM di Kota Denpasar. Kami berharap setelah pertemuan ini, dapat dilanjutkan dengan kerjasama antara kedua belah pihak khususnya dalam pengembangan Industri IKM dan UKM” ucap Ny. Hilda Manafe.

Sumber: Humas Pemkot. Denpasar

Leave a Comment

Your email address will not be published.