Indahnya Seni Mural di Sesetan Denpasar

Karya seni mural di tembok dinding disepanjang sungai Rangda, yang terletak di wilayah Br. Suwung Batan Kendal Sesetan.

Balinetizen.com, Denpasar

Memanfaatkan dinding tembok kosong menjadikannya sebuah karya seni mural merupakan gagasan brillian. Menawarkan nilai estetika, edukasi, ajakan peduli lingkungan melalui karya seni mural akan menjadi pusat perhatian masyarakat. Itulah lompatan kreatif kelurahan Sesetan, Denpasar dalam upaya merawat lingkungannya menjadi indah nan asri.

Karya seni mural ini dapat dijumpai di tembok dinding disepanjang sungai Rangda, yang terletak di wilayah Br. Suwung Batan Kendal Sesetan. Bekerjasama dengan seniman lokal dan seniman seni rupa IKIP PGRI Bali, ditampilkan lukisan karya mural bertema keindahan pantai, biota laut, perahu tradisional nelayan yang sedang tertambat di pesisir pantai.
Tema ini menggaungkan spirit mengajak masyarakat mencintai lingkungan serta merawatnya dengan rutin.

Karya seni mural dilukis secara apik, kontras dan sangat istagramable, cocok digunakan untuk tempat selfie, nongkrong di sore hari. Sungai Rangda atau yang lebih populer di sebut Tukad Rangda ini mendapat perhatian serius oleh kelurahan Sesetan mengingat sungai ini masih dijadikan tempat pembuangan limbah maupun sampah. Perlu penyadaran secara terus menerus melalui seni kreatif untuk menggugah hati dan pikiran para oknum yang tidak bertanggung jawab.

” Loncatan kreatif ini merupakan rangkaian program kelurahan untuk semakin kreatif memelihara dan menjaga lingkungan sekitarnya. Mari kita perduli dan jaga kebersihan dengan baik, serta isi tempat yang selama ini kurang bermanfaat menjadi tempat seni yang berguna, Ujar Ketut Sri Karyawati, Lurah Sesetan.

Kelurahan Sesetan kecamatan Denpasar Selatan dengan luas 7,39 kmĀ², jumlah penduduknya 29, 810 jiwa ( Kelurahan Sesetan, 2018) memiliki keragaman seni yang tinggi. Para seniman dan para tokoh seni yang lahir di Sesetan telah mengukir banyak prestasi baik dalam maupun luar negeri di antaranya : I Wayan Candra Gases (Seniman Ogoh-Ogoh) dan I Nyoman Rembang (SenimanTabuh).

Baca Juga :
Kapolri Instruksikan Bentuk Kampung Tangguh Narkoba Di Seluruh Polda

Made Agus wardana

Leave a Comment

Your email address will not be published.