Wujudkan Kelancaran dan Keamanan Lebaran Tahun 2019, Pemkot Gelar Apel Pasukan Operasi Ketupat Agung

Keterangan foto: Pemkot Denpasar bersama Polresta Denpasar dan Kodim 1611 Badung menggelar apel gelar pasukan Operasi Ketupat Agung 2019 di Terminal Ubung pada Rabu (29/5)/MB

(Balinetizen.com) Denpasar –

Dalam mewujudkan kelancaran, keamanan dan kenyamanan dalam pelaksanaan mudik lebaran terpadu Idul Fitri 1440 Hijriah tahun 2019 ini. Pemkot Denpasar bersama Polresta Denpasar dan Kodim 1611 Badung menggelar apel gelar pasukan Operasi Ketupat Agung 2019 di Terminal Ubung pada Rabu (29/5).

Kegiatan Apel Gelar Pasukan dipimpin langsung Kapolresta Denpasar, Kombes Pol Ruddi Setiawan. Hadir pula dalam kesempatan tersebut Walikota Denpasar, IB. Rai Dharmawijaya Mantra, Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara, perwakilan Dandim 1611 Badung serta instansi terkait lainnya.

Kapolresta Denpasar, Kombes Pol Ruddi Setiawan mengatakan kegiatan ini digelar untuk mempertegas segala upaya kesiapan dalam menghadapi bulan Ramadhan serta mengantisipasi kekroditan arus mudik dan arus balik .

“Kita bersama-sama menjaga Ramadhan agar bisa melaksanakan ibadah dengan nyaman tanpa gangguan apa pun, serta dalam arus mudik dan arus balik tidak mengalami kekroditan karena sudah diatensi,” ujar Ruddi.

Lebih lanjut Ruddi mengatakan berbagai kesiapan telah dilaksanakan seperti perkiraan ancaman, target kegiatan, upaya preventif dan represif, serta rekomendasi menjelang, selama, dan setelah bulan suci Ramadhan. Upaya preventif dan represif yang dilakukan di antaranya pembentukan pos pantau, posko terpadu serta meningkatkan jumlah personil pengawasan.

“Adapun yang dilibatkan yakni sebanyak 646 personil, diantaranya polri sebanyak 222 personil, TNI sebanyak 72 personil, Dishub sebanyak 146 personil, Satpol PP sebanyak 120 personil, BPBD sebanyak 18 personil, Dinas Kesehatan sebanyak 18 personil, Senkom sebanyak 20 personil dan angkasa pura sebanyak 30 personil,” jelas Ruddi.

Baca Juga :
Update Penanggulangan Covid-19 Provinsi Bali, Sembuh 50 Orang dan 5 Meninggal

Sementara Walikota Denpasar, IB. Rai Dharmawijaya Mantra mengatakan bahwa secara umum Pemkot Denpasar telah siap mensukseskan pelaksanaan mudik lebaran baik arus mudik maupun arus balik. Dimana, pada lebaran tahun ini terdapat 1 Pos Terpadu dan 1 Pos Komando yang dilengkapi degan Tim Kordinasi yang terdiri atas berbagai instansi terkait.

“Jadi secara keseluruhan Pemkot Denpasar siap mensukseskan pelaksanaan mudik lebaran tahun 2019 ini,” kata Rai Mantra.

Lebih lanjut dikatakan Pos Komando yang berlokasi di Terminal Ubung ini dilengkapi Tim Kordinasi dan dibagi menjadi beberap shift. Kesiapan Terminal Ubung sendiri pihaknya mengaku secara keseluruhan telah siap.

“Kami rasa semua sudah siap. Mulai dari jadwal keberangkatan, jadwal kedatangan, ruang tunggu, tempat parkir, media informasi, loket, serta penunjang lainya seperti toilet, kios, ruang asi, dan ruang merokok. Selain itu, turut dilaksanakan pemantauan kelancaran arus mudik melalui Area Traffic Control System (ATCS),” ujar Rai Mantra.

Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan pengecekan kesiapan secara keseluruhan serta pengecekan surat-surat pengendara.

Sumber: Humas Pemkot Denpasar

Leave a Comment

Your email address will not be published.