Khamenei: Iran Tak Akan Hentikan Program Nuklir, Walaupun AS Siap Berunding

Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei memberikan pidato di Teheran, Selasa 4 Juni 2019, pada peringatan 30 tahun meninggalnya Ayatollah Khomeini.

Pemimpin tertinggi Iran mengatakan negaranya tidak akan menghentikan program misilnya, walaupun Amerika mengatakan minggu lalu siap akan berunding dengan Iran.

Kata Ayatollah Ali Khamenei dalam pidato televisi hari Selasa (4/6), “Tipuan politik yang dimainkan Amerika ini tidak akan menipu pejabat dan rakyat Iran.”

Komentar Khamenei itu disampaikan dalam peringatan 30 tahun meninggalnya pendiri Republik Islam Iran, Ayatollah Khomeini, dan satu minggu setelah Presiden Trump menyerukan pada Iran untuk merundingkan perjanjian baru.

Trump mengatakan, “Iran punya kesempatan untuk menjadi negara besar dengan pimpinan yang sama, tapi kami tidak menginginkan adanya senjata nuklir.”

Iran mengatakan sebelum ini Amerika harus kembali ke perjanjian yang telah diadakan sebelumnya dengan dunia barat, sebelum diadakan perundingan baru. Trump telah menarik Amerika keluar dari perjanjian nuklir dengan Iran yang digagas oleh pemerintahan Presiden Barack Obama.

Kata Khamenei, “Perlawanan terhadap tekanan Amerika ada ongkosnya, tapi menyerah atas tekanan musuh akan jauh lebih mahal.” (ii)

Sumber : VOA Indonesia

Baca Juga :
Dirut PTPN III Dolly Pulungan Miliki Harta Kekayaan Rp 18,29 Miliar

Leave a Comment

Your email address will not be published.