Mendominasi Pileg, PDI Perjuangan Jembrana Berpeluang Usung Paket Sendiri

Keterangan foto: Wakil Bupati Kabupaten Jembrana, I Made Kembang Hartawan/MB

(Balinetizen.com) Jembrana  –

Hasil akhir rekapitulasi KPU pada Pileg 2019 menetapkan PDI Perjuangan (PDIP) menjadi juara di Bumi Mekepung. PDIP mendominasi dengan perolehan kursi 51 persen atau 18 kursi dari total 35 kursi di DPRD Jembrana. Torehan itu memungkinkan PDIP Jembrana untuk mengusung pasangan calon dari kalangan internal.

Hasil itu juga melebihi syarat minimal 20 persen suara minimal parlemen untuk mengusung paket calon kepala daerah. Sedangkan parpol lain, sesuai hasil Pileg 2019 harus berkoalisi bila ingin mengusung calon kepala daerah.

Tidak hanya itu, PDIP juga memiliki kader-kader mumpuni yang digadang-gadang mengisi paket Calon Bupati dan Wakil Bupati. Salah satunya yang juga kandidat kuat adalah I Made Kembang Hartawan yang kini masih menjabat Wakil Bupati Kabupaten Jembrana mendampingi I Putu Artha.

Kembang yang juga Ketua DPC PDIP Jembrana ini digadang-gadang sebagai kandidat kuat mendapat rekomendasi dari partainya sebagai calon bupati Jembrana di Pilkada 2020.

Selain berbekal kesuksesannya di Pileg 2019, hal itu juga mengingat track recordnya yang sudah matang dibirokrasi. Ia kini menjabat Wakil Bupati Jembrana 2016-2021 berpasangan dengan Bupati I Putu Artha. Sebelumnya ia juga berpengalaman ditataran legislatif pernah menjadi Ketua DPRD Jembrana.

Secara kesejarahan partai, Kembang adalah kader PDIP tulen dan tidak perlu diragukan lagi militansinya. Darah PDIP diwariskan oleh orang tuanya alm. I Nengah Suwitra, politisi kawakan yang kala itu dikenal cukup dekat dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. Ayahnya juga tercatat sebagai Ketua DPC PDI tahun 1992 dimasa-masa PDIP susah, belum sebesar sekarang.

Selain Kembang Hartawan, rekomendasi itu nantinya juga akan diperebutkan oleh kader internal lainnya . Ada nama I Ketut Sugiasa yang saat ini menjabat Ketua DPRD Jembrana, Ida Bagus Susrama (DPRD Jembrana), I Gusti Ayu Diah Werdhi Srikandi WS (DPRD Provinsi Bali) serta Ni Made Sri Sutharmi yang juga lolos kekursi (DPRD Jembrana).

Baca Juga :
RSU Negara Penuh, Pasien Covid-19 di Jembrana Dirawat di Tiga Hotel

Ketua DPC PDI Perjuangan, I Made Kembang Hartawan, Kamis (13/6) mengatakan terkait Pilkada pada 2020 nanti PDIP Jembrana berpeluang mengusung paket Cabup-Cawabup sendiri sama seperti periode sebelum-sebelumnya.

Disinggung siapa paket yang akan diusung nanti, Kembang Hartawan yang pernah menjabat Ketua DPRD Jembrana termuda ini menjawab dengan bijak, bahwa semua kader memiliki peluang yang sama serta tetap berserah ke induk partai dan menerima siapapun yang akan direkomendasi.

Dikatakannya, selaku petugas partai tetap harus mengikuti mekanisme partai. Partai PDIP memiliki penilaian pada kader-kader terbaiknya, baik dilihat dari kinerja, kesejarahan partai, track record, kekaderan partai dan prestasi selama di partai. Sehingga bukan semata persoalan rebutan jabatan atau kekuasaan.
“Semua ada proses, dan seluruhnya memiliki peluang yang sama. Bagi saya, tetap sabar. Hari ini kalau memang partai menugaskan saya, saya siap. Begitu juga kalau partai tidak menugaskan saya, saya juga siap. Dan saya akan mengikuti mekanisme proses itu dengan tertib dan disiplin. Apapun hasilnya (rekomendasi) saya akan terima,” terangnya.

Menurutnya sebagai kader partai pihaknya selalu memegang teguh komando partai. “Politisi itu harus punya kesabaran revolusioner, karena politik itu perlu kesabaran. Seperti yang dikatakan Bung Karno, sebagai alat perjuangan yang harus dimiliki setiap politisi , untuk sabar sembari tetap bekerja keras demi cita-cita yang dituju.

Seperti lima tahun lalu, ketika dirinya saat itu mendaftar untuk Bupati. Tetapi rekomendasi partai menugaskan dirinya menjadi Wakil Bupati Jembrana, Kembang menerima dan tetap loyal.

“Politisi harus punya kesabaran dan perlu proses panjang. Sembari terus menata diri lebih baik dan menambah wawasan. Bagi saya, sekarang ini saya fokus untuk berbuat terus untuk rakyat,” ucap Kembang. Meskipun bisa mengusung paket sendiri, namun menurutnya PDIP membuka bagi partai-partai lain yang mau bergabung mendukung dengan persamaan prinsip. Bahkan menurutnya sudah ada beberapa pimpinan parpol di Jembrana yang telah melakukan komunikasi politik dan diantaranya memberikan dukungan.

Baca Juga :
Konsulat-Jenderal Australia Membuka Island Tourism Forum di Lombok

Pewarta: Komang Tole
Editor: Hana Sutiawati

Leave a Comment

Your email address will not be published.