Masyarakat Harus Berani Perang Melawan Hoax

Marvel Kawengian/facebook

 Ditulis Oleh: Marvel Kawengian

Di jaman sekarang ini, hampir semua kita memiliki ponsel, yang setiap hari kita gunakan, bahkan pun bila tanpa sengaja kita lupa ponsel kita hanya dalam waktu lima menit kita bisa bayangkan seperti apa rasanya. Posel sudah menjadi benda yang melekat erat dalam diri kita bahkan sulit untuk kita hindari.

Di dalam penggunakan ponsel sekarang ini yang dengan begitu mudah kita mengakses internet dimanapun tempat kita berada selama paket data aktif, bahkan sekarang sudah banyak rumah yang memasang jaringan Wifi, maka inilah hal yang patut kita cermati dan bijaksana dalam menggunakannya.

Generasi kita bahkan lebih sibuk dan lebih banyak menghabiskan waktunya setiap hari mengakses internet, status atau story di akun media sosial pribadi, streaming youtube, game online, yang sudah menjadi konsumsi biasa tanpa disadari dapat mempengaruhi pola pikir, pola tindak, dan dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan psikis.

Semua kita yang memiliki smartphone sudah pasti memiliki akun media sosial, bahkan ada yang memiliki lebih dari dua akun dalam satu aplikasi media sosial.
Bisa jadi satu akun memang dibuat yang bersangkutan benar akun asli dan akun yang lain menggunakan nama samaran untuk menyebar hoax.

Nah, melihat kondisi kehidupan masyarakat kita saat ini, khususnya di negara kita Indonesia, pengguna internet semakin pesat, akun-akun palsu pun selalu bermunculan untuk menebar ujaran kebencian atau hoax untuk merusak ketatanan negara kita.

Kita bisa melihat pengalaman pada masa Pemilu barusan dimana dunia maya dipenuhi dengan ujaran-ujaran kebencian untuk saling menjatuhkan lawan politik.

Bukan hanya masalah politik, masalah agama, golongan, ras, semua yang berbau SARA, digunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dengan memakai akun palsu untuk menebar ujaran kebencian.

Baca Juga :
Gubernur Koster Naikkan Tunjangan Kepala Sekolah SMA/SMK/SLB se-Bali Lebih dari 300%

Jika kita melihat hal ini sudah sepatutnylah pemerintah mengambil langkah bagaimana cara mengatasi masalah media sosial yang semakin berdampak negatif jika para pengguna media sosial dengan ujaran kebencian dan SARA terus dengan mudah melakukannya.

Nah, dalam hal ini saya sebagai seorang pemerhati dan aktivis media sosial, ingin mengusulkan kepada pemerintah, mari kita bersama mengatasi masalah media sosial yang bisa berdampak buruk, dengan cara mengajarkan dan menambahkan materi pendidikan kepada murid-murid dalam sekolah, atau memasukan Pendidikan Media Sosial sebagai materi pembelajaran tambahan.

Jika hal ini dilakukan dimulai dari bangku sekolah maka pasti generasi kita bisa lebih bijaksana bagaimana cara dalam menggunakan internet. Para murid bisa diajarkan tentang bahaya dan manfaat dari penggunaan internet. Jika kita hanya menyampaikannya saja secara media maka sulit untuk tertanam di dalam pikiran anak-anak generasi bangsa kita. Maka langkah ini patut kita pikirkan bersama untuk kita laksanakan demi kebaikan generasi kita supaya lebih bijak dalam menggunakan internet dan dapat mengurangi bahkan mengatasi penyebaran hoax dan SARA dari sekarang.

Bagi Anda yang membaca artikel saya ini dan setuju mohon berikan komentar dan silakan share supaya dapat menjadi bahan pertimbangan kita bersama demi kemajuan dan perdamaian negara kita yang tercinta Tanah Air Indonesia.

#Artikel #BijakDalamPenggunakanInternet #PerangLawanHoax #PendidikanMediaSosial

Leave a Comment

Your email address will not be published.