1.800 Pencinta Yoga Ikuti Hari Yoga Internasional 2019 di Renon

Konsulat Jenderal India di Bali bekerjasama dengan Swami Vivekananda Cultural Centre (SVCC) Bali menyelenggarakan Hari Yoga Internasional yang ke-lima di Lapangan Puputan Margarana, Niti Mandala Renon, Denpasar pada Hari Minggu tanggal 16 Juni 2019

Konsulat Jenderal India di Bali Rayakan Hari Yoga Internasional 2019

Balinetizen.com, Denpasar

Konsulat Jenderal India di Bali bekerjasama dengan Swami Vivekananda Cultural Centre (SVCC) Bali menyelenggarakan Hari Yoga Internasional yang ke-lima di Lapangan Puputan Margarana, Niti Mandala Renon, Denpasar pada Hari Minggu tanggal 16 Juni 2019. Acara tersebut mencatat partisipasi sekitar 1,800 pencinta yoga yang beramai – ramai dating ke lapangan dini hari pada Hari Minggu untuk ikut serta dalam acara yoga terbesar ini. Mereka berkumpul pukul 5.30 pagi termasuk diantaranya adalah orang – orang dari berbagai kelompok usia, semuanya tergabung demi tujuan yang sama, dengan penuh semangat menanti-nantikan untuk menjadi bagian dari peristiwa bersejarah ini. Mereka bergabung bersama – sama dengan anggota korps diplomatik, pejabat senior Pemerintah Provinsi Bali, pakar yoga dan personil media di Indonesia.

Hari Yoga Internasional merupakan sebuah inisiatif Perdana Menteri India, Narendra Modi, yang dalam pidatonya di Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tanggal 27 September 2014, mendukung manfaat Yoga dan mengusulkan penetapan Hari Yoga Internasional. India, yang didukung oleh 175 negara, termasuk Indonesia, mengangkat sebuah resolusi untuk menetapkan 21 Juni sebagai Hari Yoga Internasional dan, pada tanggal 11 Desember 2014, Majelis Umum PBB, mengeluarkan resolusi yang didukung oleh 193 negara. Dengan demikian, 21 Juni 2015 mulai diperingati sebagai Hari Yoga Internasional untuk pertama kalinya. Hari Yoga Internasional 2017 di Bali tahun lalu mencatat partisipasi aktif lebih dari 1,000 pencinta Yoga.

Baca Juga :
Bupati Giri Prasta Hadiri HUT Sekaa Teruna Se-Desa Adat Kerobokan

Acara diawali dengan pemutaran video yang berisi pesan dari Perdana Menteri India, Narendra Modi. Narendra Modi, dalam pesannya menyebutkan bahwa Yoga adalah salah satu warisan India kuno yang paling berharga yang diberikan kepada umat manusia. Dikatakan dalam Bhagavad Gita “Samatvam Yoga Uchyate” yang berarti keseimbangan dan ketenangan pikiran adalah Yoga.

Yoga bukan hanya suatu susunan latihan tetapi Yoga adalah kunci kebugaran dan kesehatan. Yoga bukan hanya apa yang kita praktikkan di pagi hari, namun melakukan aktivitas sehari-hari dengan ketekunan dan kesadaran yang utuh juga disebut dengan Yoga. Yoga membuat kita menjadi individu yang lebih baik dalam berpikir, bertindak, dan mepergunakan pengetahuan. Hal ini telah  menyatukan pikiran, tubuh, dan daya pikir. Yoga menawarkan solusi untuk menghilangkan stres dan depresi yang menjadi pembunuh diam – diam saat ini.

Tubuh diibaratkan sebagai adalah kuil pikiran. Yoga menciptakan kuil yang indah dimana Yoga sangat baik untuk relaksasi pikiran dan tubuh. Yoga tidak mengenal usia, jenis kelamin, agama, dan bangsa. Yoga tidak membedakan siapa pun karena yang dibutuhkan hanyalah keinginan untuk berlatih. Yoga menciptakan ketenangan pikiran. Orang yang mampu berdamai dengan diri sendiri juga akan mampu berdamai dengan orang lain. Orang-orang semacam itulah yang dapat membangun bangsa yang dunia yang harmonis.

Sesi yoga dipimpin oleh guru yoga SVCC Sanjay Kumar Choudhary bersama dengan salah satu murid SVCC Prasanthy Devi Maheswari serta I Gusti Raka Panji Tisna dari Art of Living yang selama ini telah mengembangkan yoga di Bali. Mereka memulai latihan pemanasan, Surya Namaskar dan kemudian diikuti oleh Common Yoga Protocol yang berlangsung selama 45 menit. Common Yoga Protocol adalah serangkaian posisi yoga yang dirancang untuk memungkinkan orang awam berlatih yoga tanpa susah payah.

Baca Juga :
Debut di teater, Lily Allen lebih tegang ketimbang "manggung"

Konsul Jenderal India di R. O. Sunil Babu menekankan pentingnya yoga dalam meringankan masalah kesehatan dan mengurangi stres melalui latihan yoga secara teratur. Ia menyatakan bahwa ia senang melihat bahwa orang – orang dalam jumlah besar berkumpul untuk berlatih yoga. Ia mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Bali dan segenap jajaran Pemerintah Provinsi Bali atas dukungan dan kerja sama yang telah diberikan. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada pihak – pihak yang bekerja tanpa kenal lelah untuk menyukseskan Hari Yoga Internasional ke-lima ini.

Acara ini diakhiri dengan pemutaran Shanti Mantra karena dengan berlatih yoga tubuh kita merasa rileks dan dengan melantunkan Shanti Mantra memberikan kesenangan dan kedamaian yang luar biasa kepada jiwa yang telah terbukti menjadi penghilang stress dalam gaya hidup modern yang sibuk ini.

Acara juga dimeriahkan oleh hadiah – hadiah menarik yang dipersembahkan oleh sponsor antara lain Thai Airways, The Anvaya Beach Resort Bali, Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort, Queen’s Tandoor, Soham Wellness, BIFA, Bank Indonesia, Bali Victory, U & I Holidays, dan Pacto.

Peristiwa unik ini melihat ketakjuban banyak orang sangat ingin berlatih yoga meski harus memulainya dini hari, serta menunjukkan antusiasme masyarakat Bali untuk berlatih yoga.

Leave a Comment

Your email address will not be published.