Sebanyak 25 Perusahaan di Badung Ikuti Sosialisasi AIDS

Keterangan foto: Kadis Perindustrian dan Naker Kabupaten Badung IB Oka Dirga saat membuka sosialisasi/penyuluhan tentang penguatan pencegahan AIDS di Ruang Sandat DLHK Kab. Badung, Rabu (26/6)/MB

(Balinetizen.com) Mangupura –

Komisi Penanggulangan AIDS melaksanakan sosialisasi/penyuluhan tentang penguatan pencegahan AIDS di tempat kerja, terhadap 25 perusahaan di Kabupaten Badung, bertempat di Ruang Sandat DLHK Kab. Badung, Rabu (26/6). Acara ini dibuka oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Badung Ida Bagus Oka Dirga, mewakili Ketua Pelaksana KPA Kabupaten Badung.

Dalam sambutan Ketua KPA Kabupaten Badung yang dibacakan Ida Bagus Oka Dirga menyampaikan, pentingnya kegiatan penguatan pencegahan AIDS di tempat kerja di Kabupaten Badung. Dikarenakan terdapat kecenderungan peningkatan jumlah penemuan kasus HIV/AIDS dari waktu ke waktu. ”Berdasarkan data kasus dari Dinas Kesehatan Kabupaten Badung ditemukan per  April 2019 tercatat 2.346 kasus HIV/AIDS, dimana HIV terdapat 1.624 dan AIDS 722. “Penambahan kasus dari Januari hingga April 2019 sebanyak 147 kasus, yang dapat dihitung rata-rata ditemukan 36 kasus per bulannya dimana sebagian besarnya ditemukan pada kelompok usia produktif yang akan berdampak negatif terhadap produktivitas dan ini sangat perlu untuk diantisipasi karena berdampak negatif di tempat kerja,” kata Oka Dirga.

Lebih lanjut dipaparkan untuk upaya pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS yang optimal pada tempat kerja, diharapkan dapat mengakhiri epidemi HIV/AIDS sesuai dengan tujuan pembangunan dunia pada point 3.3 yaitu “End to AIDS 2030”. “Dimana 90% orang yang positif HIV mengetahui statusnya, 90% dari orang yang positif HIV untuk melakukan pengobatan, 90% orang yang terkena HIV positif sedang menjalani pengobatan sehingga dapat menurunkan viral loadnya,“ imbuhnya.

 Ketua Panitia Ni Putu Ayu Cempaka Rani Putri mengatakan, adapun maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini, untuk meningkatkan pengetahuan serta pemahaman tentang HIV/AIDS kepada pengusaha dan para pekerja. Selain itu untuk meningkatkan upaya kesehatan dilingkungan para pekerja serta diharapkan dapat mengurangi stigma dan diskriminasi pada orang yang terinfeksi HIV serta mengajak seluruh stakeholder sektor swasta untuk ikut dalam pencegahan dan penanggulangan AIDS terutama di Kabupaten Badung. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari  dan mendatangkan Narasumber dari Dinas Industri dan Tenaga Kerja Propinsi Bali dan LSM Yayasan Citra Usada Indonesia.

Sumber: Humas Pemkab Badung

Baca Juga :
Sebanyak 508 Orang Positif Covid-19 di Kota Denpasar, Kasus Sembuh Bertambah 257 Orang

Leave a Comment

Your email address will not be published.