Bupati Dukung Karya Atma Wedana Desa Adat Sedang

Keterangan foto: Bupati Giri Prasta disaat menghadiri karya Pitra Yadnya, atma wedana kinembulan Krama Desa Adat Sedang, Kecamatan Abiansemal, Senin (1/7)/MB

(Balinetizen.com) Mangupura¬†–

Krama Desa Adat Sedang, Kecamatan Abiansemal melaksanakan karya Pitra Yadnya, atma wedana kinembulan, Senin (1/7). Karya ini dihadiri langsung oleh Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta didampingi anggota DPRD Badung I Nyoman Dirgayusa dan Camat Abiansemal I Gst. Ngr. Suryajaya. Bupati mendukung karya tersebut dengan membantu dana upakara sebesar Rp. 800 juta.

Menurut Wakil Bendesa Adat Sedang, I Nyoman Darmaja, karya atma wedana kinembulan ini sudah dilaksanakan secara rutin dan tahun ini sudah yang kelima kalinya. Atma wedana berupa upacara memukur diikuti sebanyak 34 sekah, selain itu mepandes sebanyak 28 orang dan metelubulanan 106 orang. Puncak karya pada 2 Juli 2019 dengan upacara mepandes, nunas toya ning, mapurwa daksina, metelubulanan dan memukur. Dilanjutkan 3 Juli upacara mepralina sekah, nyegara gunung dan ngelinggihang sang dewa pitara di Kemulan.

Atas nama krama Desa Adat Sedang, Nyoman Darmaja menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Badung khususnya Bupati Badung telah membantu dana upakara pelaksanaan karya atma wedana ini.
Bupati Giri Prasta juga sangat mengapresiasi dan mendukung karya atma wedana krama Desa Adat Sedang. Pemkab Badung telah berkomitmen untuk hadir meringankan beban masyarakat, salah satunya dengan membantu dana upakara untuk karya ini. Dari bantuan ini diharapkan masyarakat tidak lagi terbebani urunan, sehingga dana yang semestinya dikeluarkan dapat dikelola di keluarga guna meningkatkan ekonomi serta dapat menekan kemiskinan.

Selain itu dengan melakukan karya secara bersama-sama telah membuktikan krama Desa Adat telah bersatu dan mengedepankan rasa gotong-royong. Kedepan diharapkan karya seperti ini agar terus berlanjut sehingga persatuan dan kesatuan krama desa adat Sedang selalu terjalin dengan baik.

Baca Juga :
Atasi Kekurangan Air di Dawan, Bupati Suwirta Cek Pembangunan Sumur Bor dan Pamsimas

Sumber: Humas Pemkab Badung

Leave a Comment

Your email address will not be published.