Rai Iswara Apresiasi Peluncuran Buku Nuansa Bahasa Citra Sastra Universitas Udayana

Ket.Foto : Sekda Kota Denpasar, AAN. Rai Iswara menghadiri acara Apresiasi Dosen Purnabakti dan Peluncuran Buku Nuansa Bahasa Citra Sastra di Auditorium Widia Sabha Mandala Prof.Doktor Ida Bagus Mantra , Fakultas Ilmu Budaya Unud, Denpasar pada Jumat (5/7)/MB

(Balinetizen.com) Denpasar  –

Universitas Udayana kembali melucurkan buku dengan judul “Nuansa Bahasa Citra Sastra : Pendalaman dan Pembaruan Dalam Kajian Bahasa dan Sastra”. Buku ini merupakan hasil rangkuman /tulisan dari sekitar 24 orang dosen setempat yang sudah menjalani masa purnabakti. Sejumlah pandangan dari para dosen terangkum dalam buku setebal 288 halaman ini. Peluncuran buku ini dilakukan Jumat (5/7) kemarin di Auditorium Widia Sabha Mandala Prof.Doktor Ida Bagus Mantra , Fakultas Ilmu Budaya Unud, Denpasar.

Hadir dalam peluncuran buku ini, di antaranya Wakil Dekan II Fak.Ilmu Budaya Unud, Drs.I Gde Nala Antara, M.Hum, para dosen Purnabakti beserta keluarga serta seluruh keluarga besar Fakultas Ilmu Budaya Unud serta para alumni. Hadir pula dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Kota Denpasar, AAN. Rai Iswara selaku perwakilan alumni.

Sekda Kota Denpasar, AAN. Rai Iswara mengapresiasi peluncuran buku oleh Universitas Udayana ini. Ia mengatakan, Fakultas Ilmu Budaya Unud telah memberikan nuansa kebudayaan yang sedemikian rupa bagi perkembangan dunia sastra maupun dinamika kehidupan masyarakat di Bali dan terutama di Kota Denpasar.

“Saya selaku alumni dimana telah ditempa dengan ilmu yang diajarkan di Fakultas Sastra & Ilmu Budaya Unud ini menitipkan kampus ini kepada para generasi penerus dan juga sinergi yang diharapkan antara unsur akademisi dalam hal ini Universitas Udayana dengan Pemerintah Kota Denpasar menjadi jembatan dalam membingkai langkah pembangunan Kota Denpasar berwawasan budaya” ungkap Sekda Rai Iswara.

Baca Juga :
Gendo Berharap Ada Mediasi, Pidana Jalan Terakhir

Ketua Panitia, Prof. Dr.I Nyoman Darma Putra, M.Lit saat ditemui menjelaskan bahwa acara Apresiasi Dosen Purnabakti ini merupakan penghormatan terhadap mahaguru yang telah memberikan sumbangsih keilmuannya di Prodi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya Unud yang telah didirikan sejak tahun 1958 dan bisa dibilang juga merupakan cikal bakal dari Universitas Udayana.

“Menenai buku ini merupakan buku kajian budaya dan sastra ditulis oleh dosen- dosen yang aktif sekarang diterbitkan dan akan difungsikan sebagai buku ajar di Fakultas dan ditempat lain bila memerlukan terkait bidang ilmu yang sama. Dalam buku ini menganalisis tentang bahasa dan sastra indonesia dimana dibahas antara lain hubungan sastra dengan dunia pariwisata, sastra dengan penciptaan karakter bangsa, dan hal- hal esensial terkait dinamika yang terjadi dewasa ini, termasuk juga pengembangan serta pendalaman termasuk dalam ranah filsafat bahasa” ujar Darma Putra.

Lebih lanjut dituturkannya, perancangan buku ini memakan waktu sekitar tiga bulan lamanya dan ditulis oleh para dosen purnabakti yang memang telah aktif menyiapkan tulisannya. Harapan kegiatan ini sebagai apresiasi dan rasa terimakasih kepada para pendahulu yaitu 24 dosen purnabakti termasuk para dosen pionir , juga sebagai kesempatan memperkenalkan pendahulu kami kepada masyarakat luas, dan kepada mahasiswa baru agar mengetahui tentang sejarah kampusnya” tuturnya.

Sumber: Humas Pemkot Denpasar

Leave a Comment

Your email address will not be published.