Tak Mau Sekedar Wacana, Yayasan Ciwa Prabhu Desa Kukuh Segera Gelar Pasraman

Rapat Pemantapan dan Persiapan pelaksanaan Pasraman Yayasan Ciwa Prabhu Desa Kukuh Kecamatan Kerambitan Kabupaten Tabanan (6/7)

Tabanan (Metrobali.com)-

Pasca diresmikannya Yayasan Ciwa Prabhu beberapa bulan yang lalu, nampaknya para pengurus yayasan yang berdomisili di wilayah Desa Kukuh Kecamatan Kerambitan Kabupaten Tabanan ini enggan untuk berdiam diri. Pasalnya, melalui pertemuan pemantapan dan koordinasi pengurus Yayasan tersebut yang berlangsung kemarin (6/7) di Sekretariat Yayasan Ciwa Prabhu disepakati untuk memulai kegiatan Pesraman tepat pada Hari Purnama 16 Juli 2019 mendatang.

Seperti yang dijelaskan oleh Ketua Yayasan Ciwa Prabhu Desa Kukuh Kerambitan I Wayan Mudita, S.E menyatakan bahwa rencana penyelenggaraan pesraman tersebut telah melalui tahap perencanaan dan pembahasan yang begitu alot sejak bulan lalu (Juni -red). “Perencana dan Pembahasannya sudah mulai bulan lalu, kami sudah bahas segala sesuatunya termasuk prioritas kegiatan Pesraman. Untuk itu agar tidak sekedar wacana maka kami sepakat untuk memulai kegiatan pesraman itu pada Tanggal 16 Juli 2019 nanti” Ucapnya.

Mudit juga menambahkan bahwa dalam tahap pelaksanaannya nanti akan di prioritaskan kegiatan pesraman melibatkan generasi muda di internal Pura Ciwa Prabhu. “Mengawalinya kami akan optimalkan melibatkan generasi muda di Internal Ciwa Prabhu dulu, pada nantinya kami akan libatkan pihak lain sebagai peserta pesramannya”.

Sementara itu menurut Koordinator Bidang Pendidikan dan Pelatihan Yayasan Ciwa Prabhu I Nyoman Widhi Adnyana, S.Kom.,M.Pd mengatakan bahwa mengenai konten penyelenggaraan pasraman diarahkan pada pelatihan pembuatan Upakara, Upacara, Seni dan Budaya yang bernafskan Hindu. “Pola penyelenggaraanya adalah dengan memberikan pengetahuan dan keterampilan mengenai hal-hal mendasar kehinduan seperti membuat canang dan banten sederhana hingga yang kompleks termasuk keterampilan dan pengetahuan tentang seni dan budaya sebagai pendukung prosesi kehinduan, misalnya menabuh, menari, mekekawin. Sementara bertahap dulu, mengingat kami baru memulai nanti kedepannya kita akan tingkatkan lagi baik dari segi jenis kegiatan dan kualitas penyelenggaraannya”.

Baca Juga :
Kasus COVID-19 di Korsel, Italia, Iran terus bertambah

“Tujuan utamanya adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi warga penyungsung di Pura Ciwa Prabhu secara khusus terkait tiga hal yang mendasari kehidupan Umat Hindu seperti Tatwa, Susila dan Upacara. Dari sana kita sebagai umat Hindu khususnya generasi muda harus makin paham seperti apa makna dan implementasi dari tiga hal tersebut. Maka kita putuskan untuk memprioritaskan tiga hal tersebut sebagai konten penyelenggaraan pesraman di Yayasan Ciwa Prabhu ini” Imbuh Widhi.

Kegiatan Pesraman tersebut akan dilaksanakan di Jaba Sisi Pura Ciwa Prabhu Desa Kukuh Kerambitan, sementara waktu kegiatan hanya akan dilaksanakan setiap Rahina Purnama dan Tilem. Tim MB

Leave a Comment

Your email address will not be published.