Pengempon Pura Tangkas Kori Agung Desa Akah, Klungkung Menggelar Upacara Melasti di Pura Watu Klotok

Keterangan foto: Ratusan pengempon pura Tangkas Kori Agung Trah Sira Arya Kanuruhan Desa Akah, klungkung menggelar upacara melasti di Pura Watu Klotok, Kabupaten Klungkung,  Sabtu (13/7)/MB

(Balinetizen.com) Klungkung –

Ratusan pengempon pura Tangkas Kori Agung Trah Sira Arya Kanuruhan Desa Akah, klungkung menggelar upacara melasti di Pura Watu Klotok, Kabupaten Klungkung,  Sabtu (13/7). Upacara yang bermakna mensucikan seluruh pratima atau simbol simbol dewa ini merupakan rangkaian dari Upacara Karya Agung Mamungkah, Nubug Pedagingan lan Ngenteg Linggih, yang mana Puncak Upacara Karya akan dilaksanakan pada Rahina Wraspati Wage Sungsang, 18 Juli 2019.

Wakil Bupati Klungkung Made Kasta yang sekaligus yang juga selaku pengelingsir, ratusan pengempon dan pasemetonan Takngkas Kori agung dari sejumlah daerah di Bali turut mengiringi upacara ini. Ritual diawali dengan mengarak simbol simbol dewa berupa pratima di pesisir pantai dan selanjutnya disemayamkan di areal pura Watu Klotok untuk diupacarai. Diakhir upacara diisi dengan labuhan sesaji ke laut serta mengambil air laut untuk kemudian disucikan di Pura. Upacara ini dipuput oleh Ida Dalem Surya Sogata dari Puri Agung Klungkung dan Ida Rsi Agung Yogi Swara dari Grya Blahbatuh.

“Kami seluruh pengempon Pura Tangkas Kori Agung Trah Sira Arya Kanuruhan Desa Akah bersama pesemetonan dari sejumlah daerah bersama sama melakukan melasti, yaitu upacara serta menyucikan arca, pratima, nyasa, pralingga, sebagai wujud atau stana Ida Sang Hyang Widi Wasa dengan segala manifestasi-Nya.” Ujar Wabup Made Kasta.

Sumber: Humas Pemkab Klungkung

Baca Juga :
Wabup Kasta Menghadiri Kemah Satin Se-Kecamatan Nusa Penida

Leave a Comment

Your email address will not be published.