Badung Raih MURI Senam Yoga Tertawa Peserta Terbanyak, Giri Prasta : Tertawa Bisa Sembuhkan Penyakit

Bupati Badung Nyoman Giri Prasta saat menerima Rekor Muri peserta Terbanyak Senam yoga tertawa di lapangan Puspem Badung, Sabtu (13/7).

Balinetizen.com, Mangupura

Pemerintah Kabupaten Badung bersinergi dengan PT Varash Saddan Nusantara untuk menyehatkan masyakat dalam kegiatan yoga tertawa. Bahkan sinergitas dalam pelaksaan yoga tertawa dalam Peringatan HUT Varash ke – 2, Pemerintah Kabupaten Badung mendapatkan rekor MURI Senam Yoga Tertawa Peserta Terbanyak.

Yoga tertawa yang dilaksanakan Sabtu (13/7) kemarin di lapangan Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung itu menghadirkan sebanyak 10.000 peserta. Bahkan turut hadir dalam kegiatan itu yakni Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, Pendiri Yoga Tetawa, Kadek Siwa Ambara, Presiden direktur PT Varash Saddan Nusantara, Putu Eka Suryawan dan Wakil Direktur MURI, Osmar Semesta Susilo.

Dalam sambutannya Bupati Giri Prasta mengapresiasi adanya yoga tertawa yang sudah dilaksanakan di wilayah Puspem Badung. Ia mengatakan yoga tertawa tak hanya semacam tertawa, namun juga bagaimana mengolah tubuh untuk menghilangkan penyakit. “Untuk menghilangkan segala jenis penyakit kita juga harus rutin melaksanakan yoga tertawa itu. Saya contohnya punya sakit pinggang, rutin yoga dan bisa sembuh,” ungkapnya.

Pihaknya juga mengatakan, untuk di kabupaten Badung sendiri, pelaksanaan Yoga tertawa rutin dilaksanakan di wilayah Puspem Badung. Bahkan menurutnya semua staf di Organisasi Perangkat Daerah(OPD) di Badung juga ikut dalam yoga tertawa itu. “Biasanya kami laksanakan setiap jumat pagi untuk staf,” bebernya.

Bupati asal Pelaga itu  juga menyampaikan pada bulan september mendatang akan diresmikan gedung balai budaya, dengan begitu pihaknya meminta agar yoga tertawa juga hadir dan ikut memeriahkan acara dalam peresmian gedung tersebut. “Nanti di bulan september kita resmikan, saya minta peserta juga ikut mengisi kegiatan,”pungkasnya.

Baca Juga :
Terbentuk, Pengelola Jurnal Perguruan Tinggi Agama Hindu

Wakil Direktur MURI, Osmar Semesta Susilo juga mengatakan pemberian MURI itu, sudah dipastikan lantaran dinilai dari peserta yoganya yang mencapai 10.000 orang. Menurtnya rekor MURI ini juga mempromosikan kesehatan dengan menggunakan hal yang dilakukan setiap hari. “Ini yoga tertawa manfaatnya sangat banyak sehingga kami hari ini (kemarin) mengeluarkan rekor MURI. Ini pun sudah kami lihat dan nilai bersama tim,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan, di Indonesia sebelumnya memang belum pernah ada senam yoga tertawa di gunakan dalam ajak mpencarian MURI. Sehingga selanjutnya kata dia, jika ingin memecahkan rekor ini harus melebihi dari sepuluh ribu peserta.

“Ini yang pertama kita keluarkan MURI untuk senam yoga tertawa. Jika ada yang ingin memecahkan rekor harus melebihi dari jumlah yang sekarang,”bebernya.

Pendiri yoga tertawa, Kadek Siwa Ambara pun menjelaskan bahwa yoga tertawa sangat bermanfaat untuk kesehatan. Kata dia yoga itu akan mempercepat proses penyembuhan kususnya penyakit akibat pikiran atau stres. “Penyakit pikiran ini sangat mendominasi masyarakat sekarang, termasuk prasaan yang bersedih akan menumbuhkan emosi negatif,” ujarnya.

Lanjut, Kadek Siwa Ambara mengatakan jika emosi negatif muncul maka akan mudah terkena penyakit, seperti permasalahan pencernaan, jantung, saraf dan kadar gula. Penyakit pikiran ini menurutnya tidak mudah dideteksi, sehingga perlu dilakukan perubahan penyakit pikiran itu. “Seperti pikiran stres di tenangkan, sedih di bahagiakan tubuh tegang di redaksikan. Sehingga cara yang mudah untuk melakukan itu adalah tertawa,” pungkasnya.

Editor : Whraspati Radha

Leave a Comment

Your email address will not be published.