KPS dan Warga Bersihkan Sampah di Jembatan Kali Kembar Lelateng

KPS dan Warga Bersihkan Sampah di Jembatan Kali Kembar Lelateng

Balinetizen.com, Jembrana

Timbunan sampah di Jalan Danau Beratan disebelah timur Jembatan Tukad (Kali) Kembar di Kelurahan Lelateng, Kecamatan Negara dibersihkan.

Tumpukan sampah rumah tangga ini sebelumnya dikeluhkan warga sekitar dan pengguna jalan. Pasalnya bau yang ditimbulkan menyengat hidung. Sampah berserakan di jalan Jembatan penghubung Kelurahan Lelateng dan Desa Baluk juga membuat areal tetsebut menjadi kumuh dan jorok.

“Sabtu kemarin dan Minggu pagi tadi kita bersihkan. Sebenarnya sudah sering dibersihkan, tapi tetap saja ada yang membuang sampah disini” ujar Lurah Lelateng, Made Santa Purwa, Minggu (14/7).

Ditemui dilokasi, Santa mengatakan kegiatan gotong royong bersih-bersih sampah dua hari itu melibatkan warga dan anggota dari Komunitas Peduli Sampah (KPS) Lelateng dan Komunitas Rahwana Bali (KRB) Lelateng.

“Ada sekitar 40 orang yang kita ajak gotong royong. Juga warga tempek 4 Banjar Peken. Karena banyak, sebagianya kita bakar, lainnya ada 8 kaping dibawa ke TPS” imbuh Santa.

Menurutnya gotong royong sejatinya rutin dilakukan setiap dua minggu sekali. Upaya lain juga dilakukan termasuk oleh lurah sebelumnya. Namun tetap saja ada warga yang membuang sampah. Padahal diareal lokasi juga telah dipasang plang larangan membuang sampah.

Menyikapi permasalahan tersebut pihaknya dalam waktu dekat akan mengundang pihak desa adat, banjar adat, kelian tempek dan LPM serta tokoh masyarakat guna mencarikan solusi.

Dengan melibatkan desa adat sambungnya, diharapkan permasalahan sampah khususnya di Jembatan Tukad Kembar dapat teratasi. Sehingga tidak ada lagi warga yang membuang sampah dilokasi tersebut. (Komang Tole)

Baca Juga :
Kemenkumham: 41 Narapidana Meninggal Dalam Peristiwa Kebakaran Lapas

Leave a Comment

Your email address will not be published.