Kelurahan Semarapura Tengah Dinilai Tim Klarifikasi Lapangan Tingkat Regional II Jawa – Bali

Avatar
ads

Foto : Kelurahan Semarapura Tengah di Nilai Tim Klarifikasi Lapangan Perlombaan Desa dan Kelurahan Tingkat Regional II Jawa – Bali di Pendopo Puri Agung Klungkung, Jumat (19/7. 

 

Balinetizen.com,Klungkung –

Setelah sebelumnya Kelurahan Semarapura Tengah berhasil sebagai juara I Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Bali, kini Kelurahan Semarapura Tengah di Nilai Tim Klarifikasi Lapangan Perlombaan Desa dan Kelurahan Tingkat Regional II Jawa – Bali di Pendopo Puri Agung Klungkung, Jumat (19/7)

Rombongan Tim Klarifikasi Lapangan berjumlah sembilan orang yang dipimpin Ratna Andriani disambut Sekrataris Daerah Kabupaten Klungkung, I Gede Putu Winastra mewakili Bupati Klungkung, didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Klungkung Ny, Ayu Suwirta dan Lurah Semarapura Tengah I Wayan Iwan Indrawan.

Turut hadir dalam acara tersebut, Panglingsir Puri Agung Klungkung Ida Dalem Smara Putra, para Asisten Pemkab Klungkung, para Staf Ahli Bupati, Kepala OPD Kabupaten Klungkung, Camat Klungkung I Komang Gede Wisnuadi serta Warga Semarapura Tengah.

Dihadapan Tim Penilai sambutan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta tertulis yang dibacakan Sekrataris Daerah I Gede Putu Winastra mengatakan, perlombaan Kelurahan sebagai salah satu kegiatan Pemerintah yang pada hakekatnya merupakan upaya untuk mendorong usaha pembangunan masyarakat atas dasar tekad dan kekuatan sendiri, sekaligus menilai dan mengevaluasi keberhasilan usaha-usaha masyarakat dalam pembangunan Kelurahan selama dua tahun terakhir melalui peningkatan kualitas dibidang penyelenggaraan pemerintahan serta upaya untuk meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab masyarakat betapa pentingnya pembangunan dan pemeliharaan hasil-hasilnya.

“Saya ucapkan selamat kepada Kelurahan Semarapura Tengah, telah melaksanakan beragam inovasi dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat sehingga menjadi juara I Perlombaan Kelurahan Tingkat Provinsi dan Selanjutnya telah mengikuti proses lebih lanjut serta sudah masuk 5 besar Tingkat Regional II Jawa-Bali,” Ujar Sekda Winastra

Baca Juga :
Wabup Sanjaya Apresiasi Ngaben Masal DP. Bangah, Baturiti

Lebih lanjut pihaknya mengatakan, keberhasilan pelaksanaan pembangunan Kelurahan tidak terlepas dari pelaksanaaan tugas tugas Pemerintahan Kelurahan, peran tokoh masyarakat Kelurahan dan lembaga kemasyarakatan yang ada di Kelurahan. Sejalan dengan itu melalui Perlombaan Kelurahan ini diharapkan koordinasi dan kerjasama antara Pemerintahan Kelurahan dengan lembagalembaga kemasyarakatan yang ada dapat terus dibina dan ditingkatkan.

Selanjutnya kepada Tim Pendamping agar memberikan informasi yang diperlukan oleh Tim Klarifikasi Lapangan Penilaian Lomba Kelurahan Tingkat Regional baik penyajian data maupun pendukung lainnya sesuai indikator yang telah ditetapkan.

“kepada Tim Klarifikasi Lapangan Penilaian Lomba ini kami harapkan untuk dapat memberikan pembinaan sekaligus penilaian secara obyektif dan transparan, serta menunjukkan dimana kekurangan yang perlu diperbaiki, sehingga kedepannya dapat disempurnakan,” imbuhnya

Ketua Tim Penilai Nasional Tingkat Regional II Jawa-Bali, Ratna Andriani mengatakan, tugas tim disini untuk mengklarifikasi dan mencocokan kesesuaian antara jawaban, instrument, penilaian dan data yang telang dikirimkan kepada tim evaluasi dengan data real yang ada di lapangan. Adapun penilaian lomba ini dilaksanakan dalam lima tahapan, yakni meliputi penilaian administrasi, klarifikasi lapangan, pemaparan hasil klarifikasi, pemaparan calon juara lomba, dan penetapann juara regional.

“Kehadiran kami ke Kelurahan Semarapura Tengah menandakan Kelurahan Semarapura Tengah saat ini sudah lolos dan terpilih dalam 5 (lima) besar se Regional 2. Penilaian Kelurahan kali ini difokuskan pada penyelenggaraan pemerintahan Kelurahan serta inovasi yang diimplementasikan dibidang pemerintahan, kewilayahan maupun kemasyarakatan” ujar Ratna

Lebih lanjut Ratna Andriani mengatakan, adapun maksud dari lomba desa disampaikan untuk mendorong dan memberi motivasi kepada Pemerintah Desa, Kelurahan dan masyarakat, untuk berlomba dan bersaing secara sportif, positif, dan integratif. Disamping itu juga untuk menggali lebih dalam lagi tentang potensi yang ada, baik di bidang Pemerintahan, Kewilayahan, Kemasyarakatan.

Baca Juga :
Bakwan Spesial Dari Megawati Untuk Prabowo

Sementara itu, Lurah Semarapura Tengah I Wayan Iwan Indrawan mengatakan Kelurahan Semarapura Tengah siap untuk dinilai dengan paparan program-program inovasinya.  Lomba ini dijadikan motivasi untuk terus mengembangkan potensi yang ada diwilayahnya. “Keberhasilan suatu pemerintahan dan pembangunan tetap harus ada partisipasi dari masyarakat sehingga apa yang kita programkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat,” ujar Wayan Iwan Indrawan.

Sumber : Humas Pemkab Klungkung

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may like

In the news
Load More
ads