Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama Ny. Ayu Suwirta menghadiri Puncak Perayaan HUT Sekaa Teruna Yowana Giri Dharma yang Ke-7 di Banjar Tiagan, Desa Klumpu, Kecamatan Nusa Penida, Kamis (25/7) malam.

 

Klungkung (Metrobali.com)-

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama Ny. Ayu Suwirta didampingi Camat Nusa penida, I Komang Widyasa Putra menghadiri Puncak Perayaan HUT Sekaa Teruna Yowana Giri Dharma yang Ke-7 di Banjar Tiagan, Desa Klumpu, Kecamatan Nusa Penida, Kamis (25/7) malam

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam sambutanya mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada ST Yowana Giri sudah mengupayakan pelestarian seni dan budaya yang ada di Nusa Penida. Dalam rangka pelestarian adat dan budaya tentu erat kaitannya dengan apa yang kita hadapi sekarang ini, dimana dengan pesatnya perkembangan pariwisata jangan mengandalkan potensi laut saja.

Bupati Suwirta berharap semoga melalui acara ini generasi muda Nusa Penida bisa mengkolaborasikan keindahan alam dengan seni budaya yang ada. Piahknya juga mengintruksikan kepada seluruh ST di Nusa Penida untuk membuat pementasan setiap bulan untuk menarik wisatawan untuk menikmati seni budaya yang ada di Nusa Penida.

“jaga dan rawat tradisi yang diwariskan leluhur kita. Lestarikan seni budaya tradisi Nusa Penida dan dipadukan dengan perkembangan pariwisata untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Nusa Penida, jangan sampai menghilang ditengah perkembangan jaman modern ini,” ujar Bupati Suwirta

Tak hanya itu, pihaknya juga mengingatkan para generasi muda dengan perkembangan pariwisata saat ini jangan sampai terpengaruh oleh lingkungan. Maraknya peredaran narkoba dan minum-minuman keras serta maraknya penyakit kanker akibat kontaminasi asap roko baik yang aktif maupun yang pasif sehingga membahayakan diri kita sendiri. Penterapan Perda KTR sebagai kawasan anti rokok kawasan tanpa rokok juga harus diterapkan oleh generasi muda.

Baca Juga :
MK Putuskan Tolak Seluruh Permohonan Gugatan Prabowo-Sandiaga

Sementara itu, Ketua Panitia HUT ST Yowana Giri Dharma, Komang Oky Uriadianta mengatakan, perayaan HUT kali ini mengambil tema “Sadar Budaya” yakni melestarikan seni budaya leluhur yang diwarisakan. Melalui perayaan ini bisa meningkatkan minat dan bakat pemuda dibidang seni untuk mejaga tradisi yang ada di Nusa Penida. Selain itu, juga mempererat tali persaudaraan antar pemuda dan mengembangan seni yang telah diwariskan.

“Semoga membawa manfaat dan memberi dampak positif bagi perkembangan pariwisata saat ini, melalui acara ini bisa lebih meningkatan kunjungan wisatawan ke Nusa Penida” ujar Komang Oky

Dihari yang sama Bupati Suwirta juga menghadiri puncak perayaan HUT ST Dharma Bakti yang ke-10, Banjar Klumpu, Desa Klumpu dan ST Satya Dharma di Wantilan Desa Pakraman Sebunibus, Desa Sakti, Kecamatan Nusa Penida.

Sumber : Humas Pemkab Klungkung

Leave a Comment

Your email address will not be published.