Wabup. Suiasa Buka Kursus Pembina Pramuka Mahir Dasar

Wabup Badung Ketut Suiasa menghadiri sekaligus membuka Kursus Pembina Pramuka Mahir tingkat Dasar (KMD) bagi guru-guru di SMPN 3 Abiansemal, Desa Sibangkaja, Jumat (26/7).

Pembina Pramuka Profesional

Balinetizen.com,Mangupura-

Wakil Bupati Badung Drs. I Ketut Suiasa, SH selaku Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Badung membuka Kursus Pembina Pramuka Mahir tingkat Dasar (KMD) bagi guru-guru di SMPN 3 Abiansemal, Desa Sibangkaja, Jumat (26/7).

Dalam kesempatan tersebut, Wabup. Suiasa sangat mengapresiasi kegiatan KMD terlebih dilakukan secara mandiri dari tujuh SMP yang dipusatkan di SMPN 3 Abiansemal. Menurutnya KMD sangat bermanfaat dalam upaya membentuk karakter kaum muda yang baik sebagai calon pemimpin bangsa yang handal di masa depan. Dengan revitalisasi gerakan pramuka serta penerapan kurikulum 2013 yang mewajibkan peserta untuk mendapatkan pendidikan kepramukaan, adalah upaya meningkatkan pemberdayaan gerakan pramuka yang dilaksanakan secara sistematis, berkelanjutan dan terencana. Ini dilakukan guna lebih meningkatkan peran serta, fungsi dan tugas pokok gerakan pramuka untuk membentuk karakter, membangun semangat kebangsaan dan warga negara yang bertanggungjawab serta calon pemimpin yang tangguh di masa mendatang. “Melalui kegiatan KMD ini saya percaya secara moral peserta telah menyiapkan diri untuk menjadi pembina pramuka yang profesional,” jelas Suiasa.

Ketua Panitia, I Nyoman Ratana, SPD, MPd yang juga Kepala Sekolah SMPN 3 Abinsemal melaporkan, kegiatan KMD ini digelar guna meningkatkan kerjasama, persatuan dan profesionalitas para guru dibidang kepramukaan. Mengingat tuntutan kurikulum 2013 (K13) pembina pramuka harus profesional dan bersertifikat serta ekstra pramuka wajib bagi anak-anak tingkat SMP. “Mudah-mudahan melalui kegiatan ini mampu meningkatkan profesionalitas, dedikasi kita untuk mengabdikan diri di dunia pendidikan. Meningkatkan kinerja kita demi kemajuan kabupaten badung,” katanya. Kegiatan KMD dilaksanakan secara swadaya dengan jumlah peserta 50 orang dari 7 (tujuh) SMP Negeri dan Swasta di Badung yaitu SMPN 3 Abiansemal selaku tuan rumah, SMPN 3 Mengwi, SMPN 2 Kuta Utara, SMP Thomas Aquino, SMP Dharma Sastra, SMP Tegal Jaya dan SMP Taman Sastra. KMD akan berlangsung selama 70 jam dimulai tanggal 26-31Juli 2019.

Baca Juga :
Sekda Adi Arnawa Ikuti Arahan Presiden, Tekankan Percepat Vaksinasi dan Prokes

Sumber : Humas Pemkab Badung

Leave a Comment

Your email address will not be published.