Peringati HUT Koperasi ke-72, Wabup Kembang Inginkan Koperasi yang Kompetitif

Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan, Forum Pimpinan Daerah Jembrana, Ketua Dekopinda Jembrana I Gede Gunadnya  , Pimpinan OPD terkait, Camat dan seluruh penggerak koperasi di Jembrana menghadiri Peringatan Hari Koperasi ke-72 tahun 2019 yang jatuh pada tanggal 12 Juli.
Peringatan Hari Koperasi ke-72 tahun 2019 yang jatuh pada tanggal 12 Juli lalu, dalam peringatannya selalu digelar di tingkat nasional, Provinsi dan Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia. Di Kabupaten Jembrana, peringatan Hari Koperasi  dipusatkan di Gedung Mendopo Kesari Negara, Selasa (30/7) dengan mengambil tema “Reformasi Total Koperasi di Era Revolusi 4.0”. Acara ini dihadiri oleh Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan, Forum Pimpinan Daerah Jembrana, Ketua Dekopinda Jembrana I Gede Gunadnya  , Pimpinan OPD terkait, Camat dan seluruh penggerak koperasi di Jembrana.

Wabup Kembang mengungkapkan, melalui tema peringatan tahun, ini dirinya menginginkan kedepan koperasi di Kabupaten Jembrana mampu menjawab tantangan jaman dan bersaing di era yang serba kompetitif serta nantinya koperasi menjadi kekuatan perekonomian bersama untuk memajukan pemerataan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Jembrana.

“Saya berharap melalui momentum ini koperasi menjadi kekuatan perekonomian di kabupaten Jembrana  serta kedepannya koperasi mampu bersaing di era kompetitif menuju revolusi 4.0 dengan pelaku ekonomi lainnya,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut Wabup Kembang mengajak kepada pelaku koperasi dalam melaksanakan setiap usaha agar mengadopsi selera dan keinginan pasar. “ Kedepan kami harapkan, agar koperasi tidak ditinggalkan oleh pasar, kepada generasi muda untuk selalu melakukan inovasi terutama pelaku-pelaku koperasi itu sendiri.” tegasnya.

Wabup Kembang juga mengapresiasi serta mengucapkan selamat kepada pelaku koperasi. “Saya sangat mengapresiasi kepada koperasi yang berprestasi baik ditingkat kabupaten, tingkat provinsi dan khususnya kepada koperasi (KUD. Catur Guna Amertha, Desa Yeh Embang Kangin) yang meraih prestasi sebagai koperasi berprestasi tingkat nasional.” pungkasnya.

Baca Juga :
Pemilu Tahun 2019 di Kota Denpasar Berjalan Damai dan Lancar : Rai Mantra - Jaya Negara Apresiasi Semua Pihak

Sementara Ketua Panitia HUT Koperasi ke-72 I Made Berata menyampaikan, untuk menentukan koperasi berprestasi tingkat Kabupaten Jembrana dibagi kedalam 4 (empat) kategori jenis usaha. “Ini dikelompokkan kedalam 4 kategori  seperti Koperasi Produsen, Koperasi Konsumen, Koperasi Simpan Pinjam, dan Koperasi Wanita (Kopwan). Dari hasil evaluasi itu keluarlah koperasi-koperasi yang berprestasi seperti, Koperasi Produsen sebanyak 3 koperasi yakni, Koptan Sri Mertha Dewi Desa Medewi, Kopnel Danu Amertha Desa Perancak, dan Koptan Sri Mertha Asih Desa Nusasari, Koperasi Konsumen sebanyak 3 koperasi yakni, Kopkar Tirta Amerta Jati Kelurahan B.B. Agung, Kopkar LPD. Catur Purusa Artha Kelurahan Dauhwaru, dan Kopkar Maya manunggal Desa Pengambengan, Koperasi Simpan Pinjam sebanyak 3 koperasi yakni Ksp. Satria Gana Desa Pohsanten, Ksp. Wubuh Artha Desa Gumbrih, dan Ksu. Wira Usaha Desa Gilimanuk, Koperasi Wanita sebanyak 3 koperasi yakni, Kopwan Bina Sejahtera Desa Pohsaten, Kopwan Panca Bakti Desa Penyaringan, dan Kopwan Bina Mandiri Desa tegalbadeng Barat.”

Selain diberikan piagam perhargaan dan tropi yang langsung diserahkan Wabup Kembang, panitia juga memberika hadiah berupa uang tunai dengan total Rp. 48.000.000 rupiah dengan rincian pada setiap kategori koperasi, untuk juara 1 sebanyak Rp 5.000.000 rupiah, juara 2 Rp. 4.000.000 rupiah, juara 3 Rp. 3.000.000 rupiah.   (Humas Jembrana)

Leave a Comment

Your email address will not be published.