Badung Siapkan Aksi Gertak Badung Bersih : Wujudkan Kawasan Anti Kantong Plasik di Desa/Kelurahan di Badung

Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra IB. Agung Yoga Segara saat memimpin  rapat Gerakan Serentak Badung Bersih, Selasa (6/8) di Puspem Badung.

 Balinetizen.com, Mangupura

            Pemerintah Kabupaten Badung akan menggelar aksi Gerakan Serentak (Gertak) Badung Bersih. Gertak Badung Bersih akan dilaksanakan setiap bulan pada Minggu pertama hari Jumat yang berlokasi di setiap desa/kelurahan se-Kabupaten Badung. Hal tersebut terungkap saat rapat mengenai Gertak Badung Bersih yang dipimpin langsung Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Ida Bagus Agung Yoga Segara di ruang pertemuan Kriya Gosana, Puspem Badung, Selasa (6/8). Hadir pula Asisten Administrasi Umum Cokorda Raka Darmawan, Kabag. Humas Setda. Badung Putu Ngurah Thomas Yuniartha, serta perwakilan Perangkat Daerah dilingkungan Pemkab. Badung.

            Wabup. Suiasa mengatakan, terkait dengan derektif Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta pada saat memimpin apel pada tanggal (17/7) lalu di Lapangan Puspem Kabupaten Badung, diminta adanya gerakan serentak untuk mewujudkan Badung bersih, dengan melibatkan seluruh komponen Perangkat Daerah Badung, Perusahan Daerah, perangkat kecamatan, desa/kelurahan, BPD, LPM serta komponen masyarakat se-Badung. “Gerakan serentak yang rencananya    dilaksanakan Jumat ini, diundur menjadi jumat depan  16 Agustus 2019 mulai pukul 07.00-09.00 wita. Setelah selesai kegiatan, semua ASN dan perangkat yang terlibat diharapkan kembali ke tempat tugas masing-masing,” kata Wabup Suiasa.

            Menurutnya, kegiatan ini sangatlah efektif untuk mewujudkan Badung bersih, untuk itu diharapkan kepada semua pimpinan OPD agar berkoordinasi dengan Kepala Desa/Kelurahan di tempat lokasi binaan. Adapun fokus Gertak Badung Bersih adalah membina dan memfasilitasi pembentukan TPS 3 R yaitu Reuse, Reduce, Recycle. Terbentuknya Bank Sampah Mandiri (BSM) PKK di seluruh banjar binaan masing-masing sesuai amanah Peraturan Bupati Badung No. 48 Tahun 2018 tentang Bank Sampah, serta pembinaan terwujudnya kawasan bebas anti kantong plastik sebagai penjabaran Perbup. Badung No. 47 Tahun 2018 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik.

            Asisten Pemerintahan dan Kesra. Ida Bagus A Yoga Segara mengatakan, sesuai dengan arahan Bupati Badung, dalam rangka pelaksanaan krida pada hari Jumat, Minggu pertama setiap bulan dilakukan kegiatan bersih-bersih dengan fokus kegiatan di masing-masing Desa/Kelurahan di Badung. “Untuk krida pada hari Jumat yang biasanya dilaksanakan di Puspem ditiadakan, tapi dialihkan dengan kegiatan bersih-bersih bersama menuju ke 62 desa dan 16 kelurahan di Kabupaten Badung,“ kata Ida Bagus A Yoga.

            Mengingat Gertak Badung Bersih ini dengan pola berkelanjutan, maka lokasi masing-masing Perangkat Daerah yang telah ditentukan sebagai pembina lingkungan akan dilakukan secara permanen selama enam bulan. Dan reward/penghargaan atas kinerja Perangkat Daerah di masing-masing lokasi Gertak Badung Bersih akan diumumkan setiap enam bulan sekali. Hasil binaan atas Gertak Badung Bersih akan dievaluasi oleh instansi yang ditunjuk oleh Bupati Badung.

Editor : Hana Sutiawati

Baca Juga :
Reaktualisasi Budaya melalui Kebaya

Leave a Comment

Your email address will not be published.